Tips Memilih Makanan Saat Maag Sedang Kambuh

Maag adalah penyakit berbahaya, benarkah?

DokterSehat.Com– Siapa sih yang masih bisa tenang saat maag datang? Tak hanya membuat perut tidak nyaman, kita juga akan ragu untuk makan atau minum karena khawatir jika hal ini akan membuat maag menjadi semakin parah. Untungnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memilih makanan saat maag sedang kambuh seperti sebagai berikut.

Memilih makanan lunak
Tak hanya tetap menjaga asupan cairan, ada baiknya kita mengkonsumsi makanan yang lunak atau lembut saja yang bisa membuat lambung tidak kepayahan saat mencernanya. Hal ini tentu akan mencegah maag agar tidak menjadi semakin parah.

Makan yoghurt
Yoghurt kaya akan bakteri probiotik yang akan menyehatkan usus dan meredakan maag, diare, serta iritasi usus besar.

Tidak mengkonsumsi makanan berlemak
Gorengan, keripik, atau makanan cepat saji sebaiknya dihindari terlebih dahulu karena jika kita makan saat sedang maag, bisa memicu tegangnya otot saluran pencernaan. Hal ini akan membuat asam lambung diproduksi dengan lebih banyak dan akhirnya naik ke kerongkongan.

Tidak mengkonsumsi makanan pedas
Tim McCashland, MD dari University of Nebraska Medical Center, Omaha, Amerika Serikat, menyebut makanan pedas sebagai salah satu penyebab teriritasinya kerongkongan dan usus besar sehingga membuat maag menjadi semakin parah.

Tidak mengkonsumsi minuman berkafein dan minuman berrsoda
Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda sebaiknya tidak kita konsumsi terlebih dahulu karena bisa menyebabkan produksi gas meningkat pada perut dan akhirnya memicu kram, diare, dan gejala refluks asam lambung atau GERD.

Tidak minum susu
Meski tergolong minuman sehat, susu bisa menyebabkan masalah perut jika kita mengalaim intoleransi laktosa, kondisi dimana kita mengalami kesulitan untuk mencerna laktosa pada susu dan akhirnya menyebabkan perut kembung, kram, atau bahkan diare.

Jadi, sudah tahu kan makanan dan minuman apa yang sebaiknya dipilih dan dihindari saat maag menyerang?