Tips Memilih Mainan Yang Merangsang Perkembangan Anak

DokterSehat.Com – Bermain adalah proses belajar bagi anak. Piliihlah mainan anak yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, agar kita dapat memaksilmalkan proses teesebut.

11

Apa yang paling banyak dilakukan anak balita kita disinag hari? Apakah mennton tv, tidur, atau bermain? Mungkin jawaban kitta berbeda-beda, tetapi yang paling baik adalah bermain. Bermain adalah salah satu proses belajar pada anak-anak. Melalui bermain, mereka belajar mengenal dunia.

Mainan bagaimanakah yang harus anda pilih? Simak ulasan berikut :

  • Pilihlah mainan yang tepat
    Pada saat membeli mainan untuk anak anda, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, yang pertama adalah pilihlah mainan yang tepat bagi anak, dalam artian, mainan tersebut sesuai dengan perkembangan dan kemampuan anak. Misalnya untuk anak usia diatas 6 bulan berikanlah mainan yang berwarna cerah dan mengeluarkan bunyi karena anak usia tersebut sangat suka memainkan jenis mainan ini dan juga akan melatih indera penglihatan dan pendengarannya.
  • Pilihlah mainan yang berwarna cerah dan kontras
    Pertimbangan selanjutnya dalam memilih mainan yang merangsang perkembangan anak adalah warna. Dalam hal ini, pilihlah mainan yang berwarna cerah dan kontras. Mainan yang berwarna warni yang cerah menarik bagi anak, selain itu, mainan yang memiliki warna ini dapat melatih indera pengllihatan anak. Anak akan cepat mengerti dan hafal terhadap warna tersebut. Anda juga dapat sekaligus mengajarkan konsep warna kepada anak saat bermain.
  • Pilihlah mainan yang mengasah logika berfikir dan kreativitas anak
    Anak anda dapat menjadi anak yang cerdas jika anda melatihnya sejak kecil, dalam kaitannya dengan mainan, pilihlah mainan yang dapat mengasah kreativitas anak seperti puzzle. Di pasaran tersedia berbagai bentuk permainan puzzle dari yang sederhana sampai yang rumit. Anda dapat memilih jenis puzzle yang sesuai dengan usia anak anda, dengan puzzle anak akan berlatih memecahkan teka-teki dan secara otomatis logika berfikirnya akan terbentuk.
Baca Juga:  Depresi pada Anak

Selain ketiga hal diatas, dalam memilih mainan yang merangsang perkembangan anak jangan melupakan aspek keamanan. Ketika hendak membeli mainan pilihlah yang berbahan dasar aman sehingga saat anak menyentuhnya tidak membahayakan anak, mainan edukatif yang aman tidak berarti mainan yang harganya mahal, dengan kreativitas anda pun juga dapat menciptakan mainan yang merangsang perkembangan anak dan dengan harga terjangkau.