Tips Memilih Lensa Kontak Yang Tepat !

DokterSehat.Com – Anda suka menggunakan lensa kontak? Apakah Anda memilihnya dengan tepat? Sebenarnya Anda tak dapat sembarangan menggenakan lensa kontak, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Apa saja itu? Perhatikan keterangan berikut ini!

15

Setidaknya ada 2 jenis lensa kontak berdasarkan tekstur, kedua jenis lensa kontak ini memengaruhi fungsi, kenyamanan, dan durasinya.

Soft lensa kontak

Lensa kontak jenis ini biasanya digunakan oleh mereka yang aktif atau gemar olahraga, teksturnya yang lunak membuat lensa kontak ini nyaman dan tidak mudah bergeser, karena sesuai dengan bentuk mata Anda. Oleh karena itu, tak jarang orang memilihnya dan cukup popular di Amerika Serikat.

Lensa kontak ini bukan untuk bergaya, melainkan membantu mereka yang memiliki gangguan mata, seperti yang dialami oleh penderita rabun jauh (myopia), rabun dekat (hyperopia), mata tua (presbyopia), dan kaburnya penglihatan (astigmatism).

Lensa kontak lunak (soft) ini juga memiliki beberapa jenis bergantung pada pemakaiannya, contohnya :

  • Lensa kontak yang digunakan untuk pemakaian harian, biasanya digunakan pada siang hari. Setelah itu, lensa kontak akan dibersihkan dan diberikan desinfektan pada malam hari. Untuk usia lensa kontak sendiri bergantung pada produsen yang membuatnya dan harganya tidak terlalu mahal.
  • Lensa kontak yang digunakan untuk durasi jangka panjang. Lensa kontak ini dapat Anda kenakan walau sedang tidur tanpa harus melepasnya. Namun, setiap seminggu sekali lensa kontak ini perlu dibersihkan. Hanya saja Anda tetap perlu berhati-hati jika menggunakannya pada waktu istirahat, karena masih ada resiko terjadinya infeksi mata.
  • Lensa kontak sekali pakai, lensa kontak jenis ini sangatlah mahal. Lensa kontak ini tidak memerlukan perawatan dan durasinya berbeda-beda—ada yang harian, mingguan, bahkan bulanan. Lensa kontak jenis ini biasanya digunakan bagi mereka yang sensitif terhadap cairan desinfektan dan jarang memakai lensa kontak.
Baca Juga:  Bahaya Menggunakan Makeup Setiap Hari

Hard lensa kontak

Lensa kontak ini memiliki tekstur yang kaku, dapat menyerap udara, dan memberikan pandangan yang jelas. Lensa kontak jenis ini biasanya digunakan jika Anda tidak puas terhadap hasil yang diberikan oleh lensa kontak lunak. Karena dapat menyerap udara, lensa kontak ini dapat mengurangi infeksi mata.

Perawatan lensa kontak keras (hard) harus dilakukan dengan rutin dan memiliki kelemahan seperti; penyesuaian pandangan selama satu minggu, mudah bergeser dari posisinya, dan terkadang menyebabkan ketidaknyamanan pada mata.

Jika kondisi mata Anda tidak berubah pada saat pemeriksaan mata secara berkala, lensa kontak yang sesuai dapat digunakan sampai 2 atau 3 tahun.

Apapun jenis lensa kontak yang dipilih, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi mata Anda. Pastikan agar lensa kontak yang Anda kenakan aman dan nyaman. Tidak hanya memperbaiki penglihatan, lensa kontak yang baik dapat mengurangi terjadinya komplikasi pada mata Anda. Sudahkah Anda memilih lensa kontak yang tepat?