Tips Memilih Kosmetik Sesuai Jenis Kulit

DokterSehat.com – Setiap wanita memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, setiap wanita membutuhkan kosmetik sesuai jenis kulitnya. Tidak semua kosmetik cocok digunakan wanita. Bukannya menjadi cantik, kosmetik yang tidak cocok dengan kulit malah bisa mengakibatkan iritasi. Berikut ini tips memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit:



Kosmetik untuk kulit kering

Bagi wanita yang memiliki jenis kulit kering sebaiknya gunakan foundation jenis krim dan pastikan concealer yang Anda gunakan berbasis krim. Jenis kulit kering tidak disarankan menggunakan kosmetik yang formulanya bebas minyak sebab kosmetik tersebut akan mengendap pada gari-garis halus pada kulit wajah.

Riasan mata yang paling baik dilakukan dengan bedak bertekstur lembut atau krim eye shadow serta eyeliner seharusnya berupa shimmer pencil atau tipe matte. Yang tak kalah penting adalah gunakan lipstik dan lip glos yang bisa melembabkan bibir. Gunakan produk lipstik dan lip glos yang memiliki bahan-bahan vitamin E untuk memberikan kelembaban tambahan pada bibir.

Kulit Sensitif

Seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik. Pilihlah kosmetik yang berlabel khusus kulit sensitif agar terhindar dari reaksi negatif bahan-bahan kosmetik yang mengandung pengawet dan pewarna dengan tingkat tinggi.

Kulit Kombinasi

Jenis kulit kombinasi mempunyai wilayah kering dan berminyak secara tidak merata, untuk itu penggunaan kosmetik juga harus menjadi perhatian lebih dengan memilih produk kosmetik untuk jenis kulit ini. Jenis kulit kombinasi bisa juga disebut jenis kulit normal yang memiliki siklus tertentu dari normal hingga berminyak.

Kulit Berminyak

Pada kulit berminyak sebaiknya gunakan kosmetik yang bebas kandungan minyak sebelum mengoleskan foundation tipe matte. Jangan gunakan kosmetik berbahan krim untuk eye shadow atau maskara serta pensil krim bibir.

Baca Juga:  Mengatasi Alergi Parfum Bagi Wanita

Pembersih Kulit

Untuk membersihkan kulit dari kotoran, minyak, ataupun sisa kosmetik sebaiknya hindari pembersih kulit yang berminyak dan keras karena bisa menyebabkan iritasi. Pembersih yang mengandung air merupakan pembersih kulit yang baik terutama untuk wajah karena lebih lembut di kulit.