Tips Memenuhi Gizi Bagi Busui Vegetarian

Photo Credit: Pixabay.com

DokterSehat.Com– Saat ini menjadi vegetarian sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang, termasuk pada ibu hamil dan menyusui. Ya, menyusui seharusnya tidak menjadi alasan bagi para ibu untuk tidak menyusui. Hanya saja, busui harus memerhatikan dengan cermat gizi yang dikonsumsi ibu menyusui agar tetap dapat memproduksi ASI dengan baik.

Photo Credit: Pixabay.com

Gizi yang harus dipenuhi oleh ibu menyusui vegetarian

Ibu menyusui yang vegetarian tetap dapat menyusui si kecil dengan baik, asalkan memerhatikan asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Bagi Anda ibu menyusui vegetarian, berikut ini panduan singkat mengenai nutrisi apa saja yang perlu dipenuhi selama menyusui:

1. Kalori dan protein

Sumber makanan nabati umumnya minim kalori. Untuk memenuhi kebutuhan kalori harian Anda memerlukan sumber karbohidrat tinggi seperti kentang, nasi, singkong, jangung, roti gandum, dan makanan berbahan tepung lainnya. Sedangkan untuk protein, Anda bisa memenuhinya dari protein nabati seperti tahu, tempe, kacang, dan susu kedelai.

2. Vitamin B12
Vitamin B12 bisa Anda dapatkan dari tempe, atau makanan lain yang diperkaya dengan vitamin B12.

3. Kalsium dan Vitamin D
Kalsium dan vitamin D banyak ditemukan dalam produk susu. Namun bagi para vegetarian tentu tidak bisa mengonsumsi susu. Sebagai gantinya, Anda bisa memenuhinya melalui sayuran hijau seperti brokoli, kacang, jeruk, edamame, tofu, dan masih banyak lagi. Sempatkan untuk berjemur untuk mendapatkan vitamin D alami.

4. Asam lemak omega-3
Ikan merupakan sumber omega-3 yang sangat baik bagi tubuh. Omega-3 diperlukan untuk perkembangan otak dan mata bayi. Bagi para vegetarian tidak perlu berkecil hati karena Anda tetap dapat mendapatkannay dari biji kenari dan biji rami yang mengandung asam linoleat.

5. Zat besi dan seng
Untuk mendapatkan zat besi Anda bisa mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, tahu dan sereal lainnya.

Bagi ibu menyusui yang masih ragu tentang makanan apa yang harus dikonsumsi, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi pola makan yang tepat. Selamat menyusui, Mom!