Tips Membuat Sikat Gigi Tetap Bersih & Steril

DokterSehat.Com – Ya, selama ini masyarakat terbiasa membersihkan sikat gigi dengan mengaliri sikat gigi tersebut dengan air lalu mengibaskannya sebentar sebelum dikembalikan ke tempatnya begitu saja. Beberapa bahkan memberikan ‘helm’ sikat gigi dengan anggapan hal tersebut efektif menjaga kebersihan sikat gigi. Padahal, cara tersebut malah akan membuat sikat gigi lembab dan menjadi tempat berkumpulnya bakteri.



Berikut adalah beberapa cara membersihkan sikat gigi :

  • Sterilisasi melalui sinar UV
    Meskipun hal ini membutuhkan biaya, membersihkan sikat gigi dengan sinar ultraviolet (UV) dinilai aman dan mudah. Setelah disterilkan dengan sinar UV, kuman yang mati bisa mencapai 99%. Saat ini telah terdapat berbagai alat sinar UV portabel dengan harga terjangkau dan mudah dibawa.
  • Merendam dalam Air Mendidih
    Anda dapat mendidihkan air dalam kompor kemudian memasukkan sikat gigi kedalamnya selama beberapa menit. Tapi pastikan bahwa sikat gigi terbuat dari bahan plastik berkualitas. Sebab jika tidak, alih-alih membersihkan, sikat gigi Anda justru malah rusak (leleh) setelah direndam dalam air panas.
  • Obat Kumur Antibakteri
    Obat kumur tidak hanya digunakan untuk membersihkan mulut, akan tetapi efektif pula mensterilkan sikat gigi Anda. Celupkan bulu sikat ke dalam obat kumur selama sekitar tiga puluh detik untuk mendapatkan efek antibakteri.
  • Pembersih Antiseptik
    Pembersih antiseptik memiliki prinsip kerja mirip dengan obat kumur. Namun alih-alih mencelupnya, sikat gigi hanya perlu disemprot dengan larutan antiseptik.

Selain menjaga sikat gigi selalu bersih dan steril, berikut terdapat beberapa tips lain yang dapat dijadikan panduan saat menyikat gigi :

  • Cuci tangan Anda sebelum memegang sikat gigi.
  • Masa pakai sikat gigi berkisar antara tiga sampai empat bulan. Pastikan untuk mengganti sikat gigi secara teratur.
  • Jangan menyikat gigi di wastafel dapur. Hal ini karena banyak bakteri dan virus yang berkembang di daerah itu.
  • Pisahkan sikat gigi anggota keluarga yang sedang sakit. Hal ini dilakukan untuk mencegah perpindahan atau penyebaran penyakit ke orang lain.