Tips Membuat Mie Instan yang Lebih Sehat Untuk Dimakan

DokterSehat.Com– Mie instan masih dianggap sebagai salah satu makanan yang paling enak untuk dikonsumsi. Banyak orang yang bahkan mengaku ketagihan dengan makanan yang sangat mudah dan cepat untuk dibuat ini. Sayangnya, telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi mie instan dengan berlebihan bisa memicu beberapa penyakit berbahaya seperti hipertensi, diabetes, hingga obesitas.

doktersehat-mie-bakmi-makan

Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat mie instan menjadi lebih sehat jika kita sedang sangat ingin mengkonsumsinya seperti sebagai berikut.

Jangan memasukkan semua bumbu
Bumbu mie instan ternyata memiliki kandungan natrium yang sangat banyak, bahkan bisa melebihi kebutuhan natrium harian tubuh sehingga bisa memicu hipertensi jika dikonsumsi dengan berlebihan. Masukkan sebagian kecil saja bumbu dan jika anda ingin mendapatkan cita rasa yang lebih mantap, tambahkan penyedap rasa alami layaknya bawang merah, bawang, daun bawang, atau cabai pada mie.

Jangan lupa sayur
Mie instan adalah makanan yang memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Demi mengimbanginya, kita bisa menambahkan sayur sebanyak-banyaknya sehingga perut pun akan terasa kenyang lebih lama sehingga di waktu makan berikutnya kita tidak mengkonsumsi makanan dengan berlebihan. Beberapa jenis sayuran yang sangat direkomendasikan untuk ditambahkan pada mie instan adalah sawi, tomat, buncis, dan wortel

Batasi konsumsinya
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi mie instan bersama dengan nasi dan sebaiknya hanya mengkonsumsinya sebungkus dalam sepekan agar tidak mudah terkena penyakit berbahaya layaknya obesitas, hipertensi, dan diabetes.

Dengan menerapkan cara-cara ini untuk mengkonsumsi mie instan, maka tubuh pun akan terhindari dari berbagai penyakit berbahaya.