Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir Mereda

DokterSehat.Com – Belakangan ini bencana banjir melanda berbagai daerah di tanah air. Banyak warga yang terpaksa harus mengungsi karena rumahnya terendam oleh air banjir yang dipenuhi dengan berbagai kotoran, lumpur, dan lain sebagainya. Jika di daerah kita air banjir sudah mulai surut, mau tidak mau tentu kita harus berjibaku dalam membersihkan berbagai kotoran dan sampah ini agar rumah kembali bersih dan bisa digunakan kembali. Berikut adalah tips untuk membersihkan rumah setelah air banjir surut.

doktersehat-banjir

Menurut pakar kesehatan Rebecca Morley dari National Center for Healthy Housing, waktu ideal dalam membersihkan rumah adalah 24 hingga 36 jam setelah air banjir surut. Mengapa kita harus melakukannya dalam kurun waktu secepat itu? Menurut Rebecca, kita harus berpacu dengan waktu agar bakteri dan jamur tidak berkembang biak dengan cepat pada rumah kita mengingat bakteri dan jamur sangat suka dengan lingkungan yang basah. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika bakteri dan jamur adalah pemicu berbagai masalah kesehatan layaknya asma, alergi, radang tenggorokan, atau bahkan flu.

Tak hanya jamur dan bakteri, kita juga sebaiknya harus segera membersihkan rumah karena air banjir sangatlah kotor dan sudah terkontaminasi berbagai limbah rumah tangga atau bahan kimia berbahaya lainnya.

Mulailah bersih-bersih rumah setelah banjir dengan cara mengangkut berbagai benda-benda layaknya kursi, sofa, bantal, gorden, hingga furniture lainnya yang basah ke area yang kering dan terpapar sinar matahari secara langsung. Dengan mengeringkannya, berbagai perabotan tersebut pun tidak akan mudah rusak. Setelah mengeluarkan semua sisa air banjir dan lumpur dari dalam rumah, kita bisa menggunakan vakum untuk mengeluarkan berbagai air atau kelembaban dari berbagai perabotan layaknya karpet. Kita juga bisa menggunakan kipas angin untuk membuat ruangan tidak terlalu lembab. Jika perlu, gunakan pula dehumidifier untuk membantu menurunkan kelembaban berlebihan pada rumah kita sehingga rumah pun tidak akan menjadi sarang bakteri atau jamur.