Tips Memakai Maskara Yang Wajib Kamu Tau

Dokter Sehat – Bentuk sikat maskara justru menjadi faktor yang paling menentukan dari hasil akhir penggunaan mascara, bukan formula maskara itu sendiri. Sikat bulat untuk menebalkan dan menyisir bulu mata. Bentuk sikat ini mampu mencapai setiap helai bulu mata untuk menambah volumenya sambil menghilangkan gumpalan mascara, sikat melengkung mampu mengaktifkan kelentikan bulu mata. Sikat spiral lurus untuk menegaskan tiap helai bulu mata.



Jika maskara menggumpal di bulu sikat sehingga sulit digunakan, ambillah sedikit minyak khusus pencair atau bisa gunakan minyak tanah dan teteskan pada sikat. Bersihkan bulu sikat dengan cara menyisirnya pelan-pelan. Jangan gunakan air dan sabun karena dapat mengiritasi mata.

Sebaiknya maskara yang digunakan berumur tak lebih dari tiga bulan. Setiap kali tutup maskara dibuka, maka bakteri akan menempel pada sikat maskara itu akan ikut masuk ke dalam tube dan membusuk di dalamnya. Ini bisa memunculkan rasa gatal jika maskara digunakan. Cairan maskara juga menjadi lengket dan menggumpal. Selain itu bagi yang tak rajin membersihkan wajah dari make up juga mendapat ancaman Demodex folliculorum, kutu rambut berukuran lebih kecil dari 0,4 mm yang hidup di akar bulu mata.

Tiga tips ini wajib diketahui agar maskara sempurna ketika dipulaskan di bulu mata :

1.Gunakan maskara di dua sisi
Jangan hanya menggunakan maskara di satu sisi saja. Pertama-tama, aplikasikan maskara di bagian luar bulu mata dengan memulaskannya ke arah bawah. Lalu aplikasikan di bagian dalam bulu mata, tekniknya seperti memulaskan maskara biasanya yakni ditarik ke atas. Mengaplikasikan maskara di dua sisi membuat bulu mata lebih pekat dan menjadi lebih lentik.

2.Pulaskan di bulu mata bagian bawah
Banyak wanita ragu memulaskan maskara di bulu mata bagian bawah karena takut menggumpal. Cara yang tepat adalah dengan memegang maskara secara vertikal atau berdiri. Teknik tersebut membuat bulu mata bagian bawah lebih mudah di sikat dan meminimalisir gumpalan serta coretan di kulit.

Baca Juga:  Anda Bisa Terkena Serangan JantungBila Sering Marah

3.Jangan mengocok tabung mascara
Saat ingin menambah maskara, aplikator tidak perlu dikocok berulang-ulang dalam tabung. Itulah yang membuat maskara menggumpal ketika digunakan. Mengocok tabung maskara juga membuat maskara cepat kering, karena udara lebih banyak masuk ke dalamnya.