Tips Melindungi Kulit dari Sengatan Matahari Saat Berolahraga

DokterSehat.Com – Olahraga di luar ruangan memang memberi manfaat dan keseruan tersendiri. Vitamin D yang diperoleh dari cahaya matahari berperan dalam meningkatkan kepadatan tulang sekaligus mencegah Anda terkena hipertensi, kanker, dan penyakit auto imun. Semakin sering Anda berolahraga, semakin kecil pulang risiko Anda terkena berbagai macam penyakit kanker.

5

Dan tahukah kamu girls, bahwa terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan yang tepat dapat memicu kanker kulit lho. tidak mau kan kulit kamu rusak dan terbakar karena terlalu sering terkena sinar matahari? Nah, ada beberapa tips untuk melindungi kulit agar tidak rusak dan terbakar akibat terkena sinar matahari :

  • Gunakan tabir surya
    Sebelum melakukan olahraga di luar ruangan, aplikasikan setidaknya tabir surya dengan SPF 30. Tabir surya ini bisa melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Anda perlu mengaplikasikannya lebih dari sekali karena tidak semua tabir surya bisa bekerja efektif sepanjang hari.

    Sebaiknya aplikasikan tabir surya 30 menit sebelum Anda beraktivitas atau berolahraga di luar ruangan. Dengan begitu, tabir surya bisa terserap kulit dengan baik.

  • Pemilihan baju yang tepat
    Kaos katun biasa umumnya memberi perlindungan sinar matahari sebesar SPF 7. Gunakan pakaian olahraga yang bisa menutup seluruh permukaan tangan, badan, dan kaki Anda. Pilih juga bahan yang mudah untuk menyerap keringat.
  • Aksesoris yang tepat
    Anda bisa mengenakan topi untuk melindungi kulit kepala dan wajah Anda dari paparan sinar matahari langsung, lindungi mata Anda dari sinar matahari yang sangat menyilaukan dengan kacamata dengan lensa yang bisa melindungi mata Anda dari sinar UV.

Satu lagi yang tidak boleh Anda lewatkan adalah selalu pastikan Anda membawa air minum, kebutuhan cairan yang bisa terpenuhi dengan baik juga akan menjaga elastisitas kulit Anda.

Saat cuaca mendung sekalipun, Anda perlu tetap menggunakan tabir surya saat berolahraga di luar ruangan. Meskipun matahari tak terlihat, bukan berarti matahari tidak ada saat kita berolahraga di siang hari. Sinar matahari masih bisa menembus awan dan menyentuh permukaan kulit Anda.

Perlu diketahui bahwa ada kondisi tertentu yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kulit, antara lain :

  1. Memiliki warna kulit alami yang lebih terang atau putih.
  1. Kulit yang mudah terbakar sinar matahari atau gampang kemerahan (atau terasa sakit saat terkena terpaan sinar matahari)
  1. Memiliki rambut pirang atau merah.
  1. Memiliki mata biru atau hijau
  1. Memiliki riwayat keluarga yang dulu pernah terkena kanker kulit