Tips Makan Malam Sehat Bersama Keluarga

DokterSehat.Com – Makan malam seringkali menjadi waktu yang kita nantikan. Makan dengan santai dan hangat dengan keluarga atau orang tersayang, atau kumpul bareng teman. Namun jangan sembarang pilih menu makan malam.

13

Makan malam menjadi sangat penting karena mampu mengumpulkan anggota keluarga dan berbagi cerita tentang semua aktivitas keseharian. Bahkan menurut www.everydayhealth.com, anak yang makan malam bersama keluarga akan makan lebih banyak buah dan sayur dan berbagai nutrisi sehat lainnya daripada saat mereka makan sendirian.

Nah, untuk menciptakan makan malam yang sehat namun tetap menyenangkan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain adalah :

  • Persiapkan sepiring makanan bernutrisi
    Menyiapkan makanan bukan hanya sekedar menyajikan sembarang makanan enak. Anda harus memastikan bahwa makanan yang Anda sajikan cukup baik dan rendah kalori untuk semua keluarga. Hal ini sangat penting untuk menjaga tingkat kolesterol.
  • Utamakan sayuran
    Menyajikan makan malam sebaiknya berfokus pada bahan utama sayuran. Tumis tahu dan buncis atau mungkin frittata bayam akan lebih baik daripada gulai kambing atau kare ayam. Ini bertujuan mencukupi serat dan nutrisi sebelum tidur.
  • Pilih resep enak namun sehat
    Jangan lupa untuk memastikan makanan Anda bisa dimakan semua anggota keluarga, termasuk anak Anda yang susah makan atau mereka yang tidak terlalu berselera dengan makanan ala Barat. Jadi, cari resep yang sehat namun tetap enak dimakan.
  • Hindari makanan terlalu berat agar tidur lebih nyenyak
    Penting sekali untuk membatasi makanan saat malam hari. Bukan hanya agar tidak mengalami kenaikan berat badan, namun juga agar bisa tidur nyenyak tanpa sesak nafas. Namun jangan pula menyiapkan makanan terlalu sedikit hingga tidak cukup untuk anggota keluarga. Anda bisa mengganti karbohidrat sederhana seperti nasi, dengan jagung atau makanan kaya protein seperti tahu, tempe dan telur.
  • Ciptakan suasana menyenangkan
    Membangun suasana menyenangkan adalah suatu keharusan untuk menciptakan kehangatan dan kedekatan antara anggota keluarga. Menanyakan kegiatan setiap anggota bisa mencairkan suasana dan menghindari topik sensitif akan sangat lebih baik.