Cara Menikmati Gorengan untuk Berbuka Puasa Agar Tetap Sehat

doktersehat-gorengan
Photo credit : pexels,com

DokterSehat.Com– Gorengan merupakan salah satu makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak dan gurih membuat siapapun yang merasakannya menjadi ketagihan. Sampai saat ini, banyak orang yang menjadikan gorengan sebagai menu buka puasa. Mereka biasanya mengonsumsi gorengan sebelum makan nasi.

Sayangnya, makanan yang digoreng ini tidaklah baik untuk kesehatan. Seperti yang Anda ketahui bahwa mengonsumsi gorengan, apalagi dalam jumlah yang banyak akan menimbulkan banyak penyakit, seperti obesitas, kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa. Sebab, ada beberapa cara mengonsumsi gorengan agar tetap sehat, diantaranya:

1. Membuat Gorengan Sendiri di Rumah

Masakan yang diolah sendiri di rumah jauh lebih sehat ketimbang masakan yang Anda beli di pinggir jalan, begitu juga dengan gorengan. Jika Anda membelinya di pinggir jalan, bukan tidak mungkin mengandung bahan yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengandung bahan penyedap rasa, serta minyak goreng yang tidak bersih. Untuk itu, lebih baik membuat gorengan sendiri di rumah karena sudah terjamin kesehatannya. Anda tentu tidak akan menambahkan bahan berbahaya pada makanan yang akan Anda konsumsi, bukan?

2. Menggoreng dengan Minyak Baru

Seperti yang Anda ketahui bahwa penggunaan minyak goreng sebaiknya hanya tiga kali pakai saja. Selebihnya, Anda harus menggantinya dengan minyak goreng yang baru. Pasalnya, minyak goreng yang digunakan berkali-kali, apalagi sampai berubah menjadi hitam tidak baik untuk kesehatan. Minyak tersebut akan menjadi lemak jahat dan juga bisa menimbulkan sakit pada tenggorokan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengonsumsi gorengan untuk berbuka puasa, ada baiknya jika Anda menggunakan minyak goreng baru untuk menggorengnya.

3. Keringkan Gorengan Menggunakan Tisu

Gorengan akan menyerap minyak lebih banyak. Konsumsi minyak secara berlebih dapat menimbulkan risiko penyakit seperti yang sudah dijelaskan di atas, yakni diabetes, obesitas, penyakit jantung, dan kanker. Ketika Anda mengonsumsi gorengan, sebaiknya keringkan gorengan terlebih dahulu menggunakan tisu makanan. Setekah gorengan bebas minyak, Anda boleh langsung mengonsumsinya.