Tips Latihan Gerak Setelah Patah Tulang

DokterSehat.Com – Latihan memang perlu dilakukan pada kaki yang telah mengalami patah tulang atau retak / fraktur agar dapat siap kembali untuk digunakan saat berjalan normal seperti biasa. Latihan yang dilakukan agar kaki kuat untuk berjalan ini sebaiknya dilakukan saat kaki telah benar-benar siap.

2968566748_813de2e7c6_o

Sebelum melakukan aktivitas seperti biasa, sebaiknya ada beberapa latihan yang perlu anda lakukan setelah fraktur antara lain :

• Latihan gerak fungsional : kaki mulai dipersiapkan untuk melakukan gerak atau aktivitas seperti biasa misal berdiri, berjalan. Lakukan secara perlahan, jangan dipaksa.

• Latihan melawan tahanan : kaki berusaha melawan tahanan ringan yang diberikan tenaga dari luar.

• Latihan menggerakkan kaki secara aktif : gerakan dilakukan oleh anggota gerak tubuh itu sendiri tanpa ada bantuan. Lakukan secara perlahan, usahakan sampai maksimal kaki bisa digerakkan.

• Latihan menggerakkan kaki secara pasif : misal gerakkan kaki ke kiri dan ke kanan dengan bantuan tenaga dari luar sehingga kaki yang sakit tidak bergerak sendiri. Jadi tidak ada kontraksi otot atau aktifitas otot pada kaki yang sakit. Semua gerakan harus sampai batas nyeri pasien saja, jangan dipaksa.

Latihan-latihan ini sebaiknya dilakukan secara bertahap sesuai dengan kondisi pasien. Namun perlu diingat sebaiknya memang sesuai saran dokter yang merawat anda yaitu setelah lepas gips 2 minggu jangan digunakan untuk berjalan dulu. Pasien dikontraindikasikan untuk menapakkan kaki sebelum 2 minggu.

Untuk pertanyaan mengenai warna kaki biru kemerahan memang wajar terjadi post fraktur mengingat masih adanya bengkak yang tersisa pada jaringan sekitar area yang terkena fraktur. Namun lama kelamaan, bengkak biru kemerahan ini akan menghilang secara bertahap.

BACA JUGA : Imunisasi HPV untuk Mencegah Kanker Leher Rahim