3 Tips Pilih Keripik Super Sehat

doktersehat-keripik-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Guilia Carradori

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka keripik? Kita tentu tahu ya bahwa mengonsumsi keripik memang sangat enak dan kita seakan tidak berhenti mengonsumsinya. Namun, kira-kira bagaimana sih cara memilih keripik yang sehat?

Seperti yang kita ketahui, pemilihan keripik yang tidak tepat bisa menyebabkan kondisi kesehatan terganggu.

Keripik yang tinggi kalori, lemak dan penambahan garam yang dikonsumsi tanpa kontrol yang tepat akan menyebabkan meningkatnya risiko obesitas, gangguan kadar lemak tubuh dan peningkatan tekanan darah.

Untuk mengurangi hal tersebut, pemilihan jenis keripik bisa dilakukan agar asupan gizi dari keripik bisa lebih terkontrol. Beberapa tips agar kita bisa memilih keripik lebih sehat, adalah dengan:

1. Perhatikan bahan baku keripik

Ada berbagai jenis keripik, mulai dari kentang, ubi, singkong, buah atau sayur. Perhatikan apa bahan baku utama keripik Anda, jika keripik yang Anda konsumsi berbahan dasar karbohdirat maka asupan gizi terbesar yang akan kita peroleh adalah karbohidrat sehingga perhatikan asupan karbohidrat lain yang juga Anda konsumsi dalam satu hari agar tidak berlebihan.

Perlu diingat, penambahan tepung terigu pada keripik juga memberikan tambahan karbohidrat ya.

2. Pilih keripik yang tidak digoreng

Memilih atau membuat keripik yang dibuat dalam metode panggang sangat baik untuk membatasi asupan garam dalam tubuh. Sama-sama menghasilkan keripik yang renyah, tentu Anda akan lebih memilih versi yang lebih rendah lemak, kan?

3. Utamakan memilih keripik tanpa rasa tambahan

Jika biasanya Anda memilih keripik mendapatkan rasa tambahan misalnya rasa bubuk balado atau bubuk bumbu barbekyu. Maka kini pilihlah keripik yang disajikan dengan rasa asli.

Keripik kentang atau singkong dengan rasa alami tentu akan tetap gurih, sedangkan keripik buah alami juga tentu sudah memiliki rasa manis, kan?

Selain tiga tips di atas, selalu perhatikan porsi keripik yang Anda konsumsi seusai anjuran dan kebutuhan, ya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik