Jaga Mood Tetap Stabil saat Berpuasa dengan Mengonsumsi Makanan Berikut ini

doktersehat-marah

DokterSehat.Com– Ketika sedang berpuasa, Anda diwajibkan untuk menahan rasa lapar dan haus dari mulai terbitnya fajar hingga terbenam matahari. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus bisa menahan amarah atau emosi. Sayangnya, ketika berpuasa, mood menjadi tidak stabil akibat perut yang terasa lapar yang mengakibatkan seseorang menjadi lebih mudah emosi.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengendalikan amarah tersebut ketika sedang berpuasa. Pasalnya, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi saat sahur dan berbuka untuk menjadikan mood Anda selalu baik. Sehingga, Anda tidak mudah merasa emosi. Beberapa makanan dan minuman tersebut diantaranya:

1. Cokelat

Siapa yang tidak tahu makanan manis ini? Cokelat memang dikenal sebagai makanan yang ampuh untuk mengembalikan suasana hati menjadi baik kembali, serta dapat menghilangkan stres. Selain itu, cokelat bisa membuat umur lebih panjang karena cokelat dapat merangsang otak untuk lebih bahagia. Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa mengendalikan amarah ketika sedang berpuasa, ada baiknya jika Anda mengonsumsi cokelat di waktu sahur dan berbuka puasa.

2. Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ikan ini sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan oleh seseorang yang ingin segera memiliki keturunan. Sebab, ikan ini dipercaya dapat meningkatkan keseuburan seseorang. Selain itu, ikan salmon juga dipercaya bisa melawan stres. Hal ini dikarenakan ikan salmon mengandung omega 3 yang ampuh untuk mengenbalikan mood atau suasana hati.

3. Teh

Tidak hanya makanan saja. Ada salah satu jenis minuman yang bisa membantu mengatasi mood jelek dan bisa mengembalikannya menjadi baik lagi. Minuman tersebut adalah teh. Ya, teh diyakini mampu merelaksasi otak dan juga tubuh serta dapat mendorong hormone endorphin. Minumlah secangkir teh hangat pada saat sahur dan berbuka. Minumlah secukupnya saja, karna jika terlalu berlebihan akan membuat perut terasa tidak nyaman.