Tips Jitu Atasi Stres Saat Bekerja

DokterSehat.Com – Merasa stress dan frustasi akibat pekerjaan adalah hal yang wajar terjadi. Tetapi, apa jadinya jika stress dan frustasi itu berkepanjangan? Mungkin saja ada yang salah pada diri Anda.



Seperti dikutip dari situs Lifehack.org, Senin (2/6/2014), sebuah lembaga penelitian karir, Visual Loop Labs mengemukakan bahwa lebih dari setengah warga dunia mengalami rasa frustasi saat bekerja. Sementara seperempat pegawai global mengaku pekerjaan merupakan sumber utama penyebab dirinya merasa frustasi. Beberapa penyebab utama yang dapat memicu tekanan di tempat kerja di antaranya, beban kerja yang berlebihan hingga sekadar ejekan dari rekan kerja.

Berikut ini adalah beberapa tips jitu untuk mengatasi stres saat bekerja :

1. Berkeliling kantor
Bahkan jalan-jalan sebentar saja mengelilingi kantor bisa menjadi obat mujarab untuk mengendorkan otot-otot yang tegang karena bekerja seharian. Saat sudah merasa stres, segeralah beranjak dari kursi kerja Anda dan berjalan-jalan sepanjang koridor atau naik tangga sebentar saja. Saat Anda sudah merasa segar barulah bekerja kembali.

2. Sinar matahari
Ketika matahari bersinar dengan terang Anda bisa keluar sebentar saja dan berdiri sejenak untuk berjemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari ternyata memiliki efek menenangkan dan bisa memerangi stres.

3. Kamar mandi
Jangan malu untuk pergi ke kamar mandi. Duduklah di atas toilet dan pejamkan mata Anda untuk menenangkan diri. Ini merupakan satu-satunya tempat bagi Anda yang benar-benar privat dan jauh dari keramaian.

4. Pindah ruangan
Beranjaklah dari ruangan Anda dan cari satu ruangan kosong untuk menenangkan diri Anda sebentar. Ruang rapat bisa jadi alternatif yang sangat oke lho Ladies. Berlarilah mengelilingi ruang tersebut layaknya anak kecil yang sedang bermain-main. Ini akan membuat stres Anda hilang dengan seketika.

Baca Juga:  Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Yoga

5. Merangkak
Merangkak di bawah meja sebenarnya merupakan salah satu cara yang benar-benar efektif untuk menurunkan tingkat stres Anda. Ini tergantung dari kekuatan mental Anda, jika Anda malu tentu Anda akan enggan untuk melakukannya karena Anda pasti mengkhawatirkan pendapat rekan kerja atas tindakan Anda ini. Tapi bila Anda cuek-cuek saja akan pendapat mereka Anda bisa coba cara ini.

6. Teknik pernapasan
Pelajarilah teknik-teknik pernapasan yang akan menyeimbangkan pikiran Anda agar lebih tenang dan jauh dari stres. Dengan bernapas dengan benar maka fokus akan bisa meningkat dan ritme detak jantung yang cepat akibat rasa tegang akan segera berkurang.

7. Panggil kawan anda
Salah satu solusi yang paling mujarab untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanggil atau mengobrol dengan kawan Anda. Tidak harus mendiskusikan suatu masalah yang serius. Bicarakan saja masalah hal ringan seperti film terbaru atau rencana liburan Anda ke depan.