Tips Hidup Sehat Mencegah Gigi Berlubang

DokterSehat.Com – Bagi anda yang tidak bisa melewatkan makanan manis, coklat bahkan permen, tahukah anda bahwa makanan terebut sangat memiliki resiko tinggi dalam kerusakan gigi anda. Sehingga anda memiliki peranan penting untuk memilih makanan yang mengandung nutrisi penting untuk menjaga gigi anda tetap sehat dan kuat. Kalsium adalah bahan utama untuk mencegah kerusakan gigi, terutama untuk pertumbuhan anak. Susu adalah sumber besar dari kalsium, selain itu makanan seperti yoghurt dan keju juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan gigi. Pilihan lainnya adalah sayuran hijau seperti brokoli dan bok choy, almond dan kacang kering.

8

Mengonsumsi makanan dengan tinggi serat membuat air liur yang diproduksi maksimal yang membantu menciptakan pertahanan mineral melawan kerusakan gigi. Sumber yang baik dari serat buah-buahan kering seperti kismis dan buah-buahan segar, seperti pisang, apel dan jeruk. Pilihan lain termasuk sayuran yang dapat membantu mencegah gigi berlubang adalah seperti kacang-kacangan, kacang polong, kacang tanah, dan almond. Kandungan biji-bijian yang mengandung vitamin B dan zat besi yang dapat membantu menjaga kesehatan gusi. Seluruh biji-bijian juga memiliki magnesium yaitu unsur penting untuk tulang dan gigi. Selain itu, biji-bijian tinggi serat seperti beras merah, dan sereal gandum dan pasta menjadi sumber yang baik dari biji-bijian yang bisa anda pilih dalam menu makan sehari-hari.

Ketika Anda memilih cemilan ,anda dapat memilih makanan yang sehat. Cobalah untuk menghindari permen, karena kandungan gula dapat melemahkan enamel gigi anda, sehingga membuat anda rentan terkena kerusakan gigi. Bahkan, setiap kali anda makan camilan manis, dua puluh menit selanjutnya gigi anda mengalami kerusakan yang tidak disadari dari makanan tersebut. Akan tetapi dalam sebuah penelitian justru jenis permen tertentu sangat baik untuk kesehatan anda yaitu permen karet tanpa gula yang dapat mencegah gigi berlubang dengan cara meningkatkan air liur di mulut.

Baca Juga:  Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Selain dari pilihan makanan, pencegahan gigi berlubang dapat dilakukan dari pola hidup yang sehat. Kebiasaan kecil yang dapat membantu anda dalam mencegah gigi berlubang adalah dengan rutin menggosok gigi dan juga melakukan flossing (pembersihan sisa sisa makanan dengan menggunakan benang gigi). Anda dapat menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi berlubang dan juga menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan dapat menjangkau ke bagian kecil gigi anda. Meskipun pada dasarnya penggunaan sikat gigi dan pasta gigi saja tidak cukup. Gigi berlubang disebabkan karena beberapa sisa makanan yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, sehingga dengan menggunakan flossing adalah cara terbaik untuk menjangkau sisa makanan penyebab gigi berlubang.

Selain menggangu anda gigi berlubang sering kali mendatangkan beberapa masalah seperti sakit gigi juga kerap kali membuat anda tidak percaya diri dengan timbulnya bau mulut. Penggunaan obat kumur dapat membantu anda dalam mengurangi plak, anda dapat menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi atau selesai makan untuk mengoptimalkan pencegahan gigi berlubang. Bagi anda yang mempunyai masalah dengan perawatan gigi terutama gigi berlubang sebaiknya anda sering berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan khusus. Penggunaan sinar-X khusus untuk gigi akan membantu membersihkan sisa sisa makanan yang tidak terjangkau dengan perawatan gigi (sikat gigi dan flossing). Hal ini dapat membantu anda dalam mencegah gigi berlubang sekaligus penanganan pada gigi berlubang yang telah parah dengan penambalan pada bagian gigi tertentu.