Tips Hamil Sehat di Usia Kepala 4

DokterSehat.Com– Punya anak bisa kapan saja, bahkan di usia Anda memasuki 40 tahun. Bisa saja ini merupakan anak pertama Anda, namun bisa juga ini adalah kehamilan kedua atau ketiga yang Anda alami. Di balik kebahagiaan Anda yang tengah mengandung si kecil, Anda perlu waspada karena kehamilan di usia kepala 4 sangat berbeda dengan kehamilan di usia 20-1n atau 30-an.

gerhana-dan-kehamilan-doktersehat

Photo Credit: flickr.com/Tim Cornbill

Risiko hamil di usia lebih dari 35 tahun

Salah satu risiko kehamilan di atas usia 35 tahun adalah ibu berisiko mengalami penyakit jantung atau stroke. Hal ini disebabkan karena setelah usia 40-an beberapa organ tubuh seperti jantung mulai mengalami penurunan fungsi sehingga jantung akan bekerja lebih keras di masa kehamilan.

Selain itu hamil di usia 40-an juga berisiko melahirkan anak down syndrome. Kondisi ini disebabkan oleh menurunnya kualitas sel telur sehingga dapat memengaruhi gen anak. Penyakit lain yang mungkin dialami oleh wanita hamil di usia 40 tahun antara lain diabetes gestasional, preeklamsia, plasenta previa, bayi prematur dan keguguran.

Tips hamil sehat di usia 40-an

Meskipun memiliki banyak risiko kehamilan di atas usia 40-an, namun Anda tetap bisa menjalani kehamilan yang sehat. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kehamilan antara lain:

1. Melakukan pemeriksaan kehamilan rutin
Melakukan pemeriksaan kehamilan atau antenatal care dengan rutin dapat mempersiapkan ibu hamil yang mempersiapkan persalinan dengan baik, pemberian ASI eksklusif, dan melakukan pemeriksaan fisik dengan baik untuk mengetahui masalah yang muncul selama kehamilan. Setiap pemeriksaan, ajukan pertanyaan mengenai keluhan yang Anda rasakan atau persiapan kelahiran yang perlu Anda antisipasi.

2. Minum suplemen

Untuk menjaga kondisi Anda tetap prima selama kehamilan dan memenuhi gizi anak dengan baik, Anda mungkin perlu tambahan suplemen untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Beberapa suplemen yang mungkin Anda butuhkan antara lain asam folat, zat besi dan kalsium.

3. Makan makanan bergizi

Selain minum suplemen, Anda juga perlu menjaga asupan makanan Anda untuk mencukupi kesehatan ibu dan janin. Perkaya makanan sehat seperti sayuran hijau yang mengandung asam folat dan serat tinggi. Hindari makanan yang mengandung merkuri yang dapat menyebabkan bayi cacat lahir.

4. Menjaga berat badan

Berat badan wanita di usia 40-an lebih mudah naik dibandingkan usia 25-an. Padahal berat badan ibu juga berpengaruh dengan kesehatan janin. Konsultasikan dengan dokter kandungan berapa berat badan ideal untuk kehamilan Anda.

Baca Juga:  Pemeriksaan Kesehatan yang Perlu Dilakukan Setelah Melahirkan

5. Gaya hidup sehat
Salah satu tips penting untuk menjaga kehamilan sehat adalah dengan menjaga gaya hidup sehat seperti tidak minum minuman alkohol, menghindari rokok dan istirahat yang cukup.