5 Tips Meningkatkan Peluang Hamil Anak Kembar

doktersehat tips hamil anak kembar
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Memiliki anak kembar menjadi cita-cita bagi sebagian orang tua. Masalahnya, tidak semua orang bisa memiliki anak kembar. Kemungkinan memiliki anak kembar akan lebih tinggi jika dari keluarga ayah atau ibu terdapat riwayat kehamilan kembar. Namun bagi pasangan yang tidak memiliki riwayat kehamilan kembar, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memiliki anak kembar.

Tips meningkatkan peluang hamil anak kembar

1. Berhenti mengonsumsi pil KB

Ketika minum pil KB, hormon Anda akan stabil dan kondisi tubuh Anda cenderung tidak subur. Untuk merencanakan program hamil anak kembar, Anda perlu untuk berhenti minum pil KB. Saat berhenti minum pil KB, tubuh Anda memiliki hormon lebih tinggi dari kondisi biasanya, sehingga memiliki peluang lebih besar untuk hamil anak kembar.

2. Mengonsumsi ketela

Pola makan ibu juga dapat memengaruhi peluang kehamilan kembar. Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengomsumsi singkong dan jenis ubi lainnya dapat meningkatkan peluang untuk hamil anak kembar. Kulit ubi disebut memgandung zat tertentu yang dapat membantu meningkatkan kesuburan.

3. Hamil di masa menyusui

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa menyusui di saat hamil dapat meningkatkan peluang untuk hamil anak kembar dibandingkan dengan hamil di saat tidak menyusui. Namun Anda perlu mempertimbangkan jarak antara anak sebelumnya dengan kehamilan berikutnya yang Anda rencanakan.

4. Prosedur bayi tabung

Salah satu cara untuk meningkatkan peluang kehamilan adalah dengan melakukan prosedur bayi tabung. Dengan bayi tabung, Anda memiliki kemungkinan hamil anak kembar hingga 40 persen, bahkan untuk kehamilan bayi kembar lebih dari dua. Namun perlu diingat bahwa keberhasilan bayi kembar ini tergantung berapa jumlah embrio yang dimasukkan ke dalam rahim.

5. Konsumsi obat penyubur

Mengonsumsi obat penyubur dapat membantu meningkatkan jumlah sel telur yang matang dalam satu waktu. Dengan demikian, peluang Anda untuk memiliki anak kembar semakin besar.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik