4 Tips Mendapatkan Otot Kekar untuk Pemula

doktersehat-tips-fitnes
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Memiliki tubuh berotot dan kekar adalah sebuah impian bagi sebagian besar pria. Sebab, dengan tubuh yang kekar dipercaya bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Maka dari itu, tak sedikit pria yang melakukan latihan beban untuk mendapatkannya.

Namun, dalam membentuk otot tubuh tidaklah semudah yang dibayangkan. Diperlukan usaha dan konsistensi dalam melakukannya. Selain itu, ada juga tips dan trik yang bisa digunakan agar hasil latihan menjadi lebih maksimal. Apa saja tipsnya? Berikut diantaranya:

  • Rutin dan Konsisten

Hal utama yang harus Anda lakukan adalah rutin dan konsisten. Membentuk otot bukanlah perkara mudah yang bisa dilakukan dalam hitungan hari. Anda harus melakukan latihan selama berbulan-bulan, jadi usahakan untuk mengatur jadwal yang tepat dan selalu rutin.

  • Pola Makan

Tips selanjutnya adalah menjaga pola makan. Ketika sedang melakukan fitnes atau latihan beban, Anda harus memerhatikan asupan nutrisi yang tepat. Nutrisi yang diperlukan oleh tubuh ketika fitnes adalah protein. Sebab, protein itulah yang akan dipecah dan dibentuk menjadi otot. Jika asupan protein Anda kurang, maka tubuh akan mengambil nutrisi lain untuk dibentuk, akibatnya otot terbentuk dengan tidak maksimal.

  • Jangan Berhenti

Untuk Anda yang baru bergabung dalam latihan beban, biasanya Anda akan mengalami kram otot yang disertai rasa nyeri. Kram tersebut dikarenakan otot mulai terpecah dan siap untuk dibentuk. Pada tahap ini, jangan pernah berhenti latihan. Sebab, dengan berhenti justru malah membuat rasa nyeri itu semakin menjadi. Tetaplah latihan, namun dengan intensitas rendah.

  • Perbanyak Istirahat

Tips terakhir adalah perbanyaklah istirahat ketika Anda sedang melakukan latihan kebugaran atau fitnes. Otot dan energi yang digunakan selama latihan harus diberi jeda waktu untuk beristirahat, salah satunya adalah dengan tidur. Jangan pernah mengurangi waktu tidur sebab hal tersebut akan membuat tubuh payah sehingga otot tidak terbentuk secara maksimal.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik