Tips Efektif Menahan Lapar di Kala Diet

DokterSehat.Com – Banyak orang yang memimpikan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal. Selain bisa memberikan rasa percaya diri yang jauh lebih tinggi, bentuk tubuh yang ideal bisa membuat tubuh pun terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Beberapa orang rela melakukan diet ketat hanya untuk menurunkan berat badannya dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Sayangnya, diet ketat ini seringkali mendapatkan hambatan berupa rasa lapar yang bisa saja terus-menerus datang. Apakah ada cara menahan lapar yang efektif di kala diet?

doktersehat-wanita-obesitas-meningkat

Memperhatikan asupan makanan jelas menjadi hal utama yang diperhatikan saat menahan lapar di kala diet. Asupan wajib yang harus dikonsumsi mereka yang sedang diet adalah asupan serat dari sayur dan buah-buahan. Selain membantu proses pencernaan bekerja dengan lebih baik, serat juga diyakini mampu menjaga perut untuk tidak mudah lapar dalam waktu yang cukup lama. Selain konsumsi sayuran, cobalah untuk mengkonsumsi air dengan cukup setiap harinya. Untuk mencegah lapar, maka kita bisa mengkonsumsi air putih setidaknya setengah jam sebelum waktunya makan tiba. Sebagai camilan penahan lapar di jeda antar makan, pakar kesehatan juga menyebut bahwa permen karet bisa menjadi konsumsi terbaik meskipun tidak bisa ditelan. Dengan mengunyah permen karet, kita bisa mengendalikan lapar sekalgus menuntutn kita memakan lebih sedikit kalori yang tentu ekan berpengaruh dengan menurunnya berat badan.

Selain makanan dan minuman, kebiasaan lain juga harus kita lakukan agar bisa menahan lapar di kala diet. Pakar kesehatan menyebutkan jika secara psikologis, warna peralatan makan bisa membuat tubuh merasa lapar atau bahkan tidak lapar sama sekali. Warna biru diyakini akan sangat baik bagi mereka yang sedang program diet karena secara psikologis warna ini bisa menekan nafsu makan secara efektif. Selain itu, imbangilah pola makan yang lebih sehat dengan aktifitas layaknya olahraga dengan teratur, tidur yang cukup, sekaligus menghindari stress. Mereka yang memiliki waktu tidur lebih lama dan lebih nyenyak dan tidak mengalami sterss ternyata memiliki kecenderungan untuk tidak memakan makanan terlalu berlebihan. Selain itu, olahraga yang bisa membakar kalori sekaligus bisa membuat rasa lapar pun tidak akan mudah datang.