3 Tips Diet Bagi Anda yang Berusia di Atas 40 Tahun

doktersehat-diet-usia-tua

DokterSehat.Com– Ketika sudah memasuki usia 40, setiap orang sangat disarankan untuk menjaga pola hidupnya, termasuk dalam urusan makanan. Sebab, pada usia yang sudah tak muda lagi tersebut, setiap orang akan rentan dengan segala macam penyakit, mulai dari penyakit biasa sampai penyakit ganas yang mematikan.

Bukan rahasia umum pula, bahwa ketika mulai memasuki usia tua, setiap orang mulai kehilangan beberapa fungsi tubuh sehingga perlu sangat waspada dan hati-hati dalam memilih makanan. Nah, maka dari itu, bagi Anda yang sudah memasuki usia 40 sangat disarankan untuk melakukan diet terhadap 4 jenis makanan berikut ini:

1. Diet Gula

Risiko diabetes setiap orang akan semakin tinggi ketika bertambah usia. Gula memang perlu ketika Anda masih sehat fisik, namun ketika sudah memasuki usia yang tak muda lagi, alangkah baiknya untuk mengurangi jumlah gula. Pasalnya, metabolisme Anda sudah tidak sebagus saat masih muda dulu, jadi penggunaan gula yang terlalu banyak akan menimbulkan risiko diabetes serta penyakit lainnya.

2. Diet Nasi

Biasanya, semakin bertambah usia seseorang maka pola makannya semakin tidak menentu. Bahkan, nafsu makannya bisa kebih tinggi bila dibandingkan dengan yang muda. Namun, untuk menjaga kesehatan alangkah baiknya agar melakukan diet dan makan teratur. Usahakan untuk tidak terlalu mengonsumsi nasi dalam jumlah banyak, cukup dua kali sehari. Selebihnya Anda bisa mengganti dengan sayuran atau buah-buahan.

3. Diet Makanan Olahan

Dalam makanan olahan, terdapat begitu banyak bumbu yang tercipta dari hasil alami maupun produk kimia. Produk olahan mungkin memiliki rasa yang sedap, tapi bagi Anda yang usianya tak muda lagi, lebih baik menghindarinya. Konsumsilah makanan-makanan alami yang bebas campuran bumbu, misalnya sayuran, buah, atau rebusan daging ikan.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik