Tips Diet Dengan Jeruk Nipis

DokterSehat.Com – Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C, salah satu fungsi utama vitamin C adalah menyerap kalsium didalam sel-sel lemak. Selain itu vitamin C berperan penting pada proses sintesis carnitin. Carnitin adalah molekul kecil yang ada pada tubuh dan bertugas sebagai penyalur lemak untuk dikonversi menjadi energi. Apabila vitamin C teprpenuhi dan semua proses tersebut berjalan dengan baik, maka tidak ada lagi lemak yang tertimbun pada tubuh kita.

8493258542_ca1a487d83_k

Selain mengandung vitamin C , pada jeruk nipis juga kaya akan kandungan asam yang membantu proses pencernaan pada perut Anda. Asam ini dapat berinteraksi dengan enzim dan asam lainya yang terdapat didalam perut, sehingga menghasilkan proses pencernaan yang sehat. Kandungan asam yang tinggi pada jeruk nipis juga membantu mengurangi proses penyerapan gula yang terkandung pada makanan yang Anda konsumsi.

Penelitian ilmiah telah membuktikan mereka yang rutin mengkonsumsi jeruk nipis memiliki badan yang ideal. Manfaat lain dari diet jeruk nipis adalah membantu kelancaran detosifikasi dan memperlancar metabolisme pada tubuh. Ada beberapa cara yang dapat anda pilih untuk mengonsumsi jeruk nipis untuk melangsingkan tubuh. Tetapi mayoritas orang lebih suka memeras air jeruk nipis untuk dibuat minuman daripada mengkonsumsinya secara langsung.

Bahan ramuan jeruk nipis sebagai minuman diet :

• Dua buah jeruk nipis atau sesuai selera

• 1 sdm madu asli untuk pemanis alami

• 1 gelas air hangat

Cara membuat

Membuat minuman diet jeruk nipis sangatlah mudah dan praktis. Potong dan peras jeruk nipis ke dalam gelas yang sudah terisi air hangat. Lalu tambahkan madu untuk penambah rasa manis alami.

Air jeruk nipis selain membantu menurunkan berat badan, juga efektif untuk menjaga kekebalan tubuh serta melancarkan pencernaan. Jika sudah terbiasa, anda bisa menambahkan jumlah air perasan jeruk nipis untuk diminum. Minuman diet ini memang paling baik dikonsumsi di pagi hari saat perut masih kosong, namun minum air perasan jeruk nipis di siang maupun sore hari pun tak jadi masalah.

Baca Juga:  Ini Dampaknya Jika Kita Langsung Minum Es Saat Berbuka Puasa

Resiko dan tips aman diet dengan jeruk nipis

Air perasan jeruk nipis sebagai minuman diet tidak memiliki resiko yang berlebihan. Namun, anda yang mempunyai penyakit maag atau lambung sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan jika ingin menjalani diet ini.

Tips aman diet dengan jeruk nipis :

• Mengonsumsinya di waktu yang tepat, artinya tidak bersamaan dengan waktu makan. Karena bisa saja kandungan air jeruk nipis bentrok dengan makanan berat yang anda konsumsi sebelum atau setelahnya.

• Beri jarak beberapa jam antara mengonsumsi air jeruk nipis dan waktu makan anda.

• Agar lebih efektif dalam menurunkan berat badan, anda juga dianjurkan untuk berolahraga paling tidak selama 30 hingga 60 menit per hari. Olahraga yang bisa menjadi pilihan antara lain adalah jogging, sepeda, berenang, dan lari.

BACA JUGA : Tidur Siang Bisa Mencegah Tekanan Kesehatan Mental Pada Bayi