3 Tips Melakukan Deadlift Bagi Pemula

doktersehat-deadlift
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Bagi yang sudah berpengalaman dalam dunia kebugaran pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah deadlift. Namun, bagi pemula mungkin masih tidak tahu apa itu deadlift. Jadi, deadlift adalah sebuah bentuk latihan atau teknik angkat beban dalam dunia fitnes yang bertujuan untuk membentuk otot punggung secara sempurna.

Deadlift sendiri terbilang sebagai salah satu teknik yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Sebab, ada beberapa tahapan serta aturan mainnya saat melakukan latihan ini. Nah, jika Anda adalah seorang pemula dalam dunia fitnes, maka alangkah baiknya Anda mengetahui 4 tips melakukan deadlift berikut ini:

1. Pilih Barbell yang Tepat

Deadlift selalu dilakukan dengan bantuan barbell. Sebab, syarat utama dari latihan ini adalah menggunakan barbell yang diangkat dengan teknik tertentu. Untuk dapat melakukannya dengan maksimal, Anda harus menggunakan barbell sesuai dengan kemampuan Anda. Bagi pemula, disarankan untuk tidak menggunakan barbell yang bobotnya lebih dari 3kg.

2. Atur Posisi

Dalam melakukan deadlift, ada aturan posisi yang harus Anda lakukan. Dengan posisi yang tepat, maka Anda akan terhindar dari cidera dan akan memberikan hasil yang maksimal. Posisi awal, tekuk lutut Anda dan luruskan punggung. Kemudian, genggam barbell pada kedua tangan dengan posisi tubuh lurus vertical. Lantas, turunkan tubuh Anda ke bawah. Lakukan gerakan tersebut untuk 4 sampai 5 repetisi bagi pemula.

3. Jangan Menahan Terlalu Lama

Saat Anda melakukan deadlift, sudah seharusnya Anda mengetahui terlebih dahulu kemampuan tubuh Anda. Sebab, kekuatan dari setiap orang tidaklah sama, sehingga Anda tidak bisa meniru orang lain dalam melakukannya. Ketika sudah berhasil mengangkat barbell, rasakanlah otot pada tubuh Anda. Jika dirasa sudah pegal, maka lekaslah lepaskan dan jangan ditahan terlalu lama sebab bisa menimbulkan cidera atau sobek pada otot.