Psikoterapi – Tips dan Memulai Terapi

Terapi yang terbaik ketika Anda menghadiri semua janji yang dijadwalkan. Efektivitas terapi tergantung pada partisipasi aktif Anda. Hal ini membutuhkan waktu, tenaga, dan keteraturan.

doktersehat-hipertensi-kentang-konsultasi

Ketika Anda mulai terapi, buatlah beberapa tujuan dengan terapis Anda. Kemudian tinjau secara berkala kemajuan Anda dengan terapis Anda. Jika Anda tidak menyukai pendekatan terapis atau jika Anda tidak berpikir terapis membantu Anda, berkatalah kepadanya tentang hal itu dan cari solusi dari kedua belah pihak. Jangan menghentikan terapi dengan tiba-tiba karena justru akan merugikan diri Anda sendiri.

Tips untuk memulai terapi
Berikut adalah beberapa tips untuk memulai terapi pertama kalinya:

  • Mengidentifikasi sumber stres: Coba menulis jurnal dan catatan stres serta peristiwa positif.
  • Restrukturisasi prioritas: Tekankan positif, perilaku yang efektif.
  • Membuat waktu untuk kegiatan rekreasi dan menyenangkan.
  • Berkomunikasi: Jelaskan dan menegaskan kebutuhan Anda seseorang yang Anda percaya; menulis di jurnal untuk mengekspresikan perasaan Anda.
  • Cobalah untuk fokus pada hasil yang positif dan metode menemukan untuk mengurangi dan mengelola stres.

Ingat, terapi melibatkan mengevaluasi pikiran dan perilaku, mengidentifikasi tekanan yang berkontribusi terhadap kondisi Anda, dan bekerja untuk memodifikasi baik. Orang-orang yang secara aktif berpartisipasi dalam terapi pulih lebih cepat dan memiliki kekambuhan yang lebih jarang.

Juga, perlu diingat, terapi merupakan penanganan untuk mencari penyebab spesifik dari penyakit mental; sehingga perlu sabar dan jangan mengharapkan perbaikan instan. Terapi membutuhkan waktu yang lebih lama dari obat-obatan, tetapi banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa efek terapi lebih bertahan lebih lama daripada obat. Obat mungkin diperlukan segera dalam kasus-kasus penyakit mental yang berat, tetapi kombinasi terapi dan obat-obatan sangat efektif.