Tips dan Cara Menambah Berat Badan

DokterSehat.Com – Masalah berat badan tidak hanya di peruntukkan oleh mereka yang memiliki berat badan berlebihan. Masalah berat badan juga dapat berupa berat badan yang kurang ideal atau kurus.



Berat badan dan bentuk tubuh juga dipengaruhi oleh faktor keturunan misalkan ada kerabat atau ayah ibu anda yang bertubuh kurus, maka tidak menutup kemungkinan bahwa anda juga akan kurus.  Konsultasi ke dokter adalah langkah awal yang baik untuk mengetahui penyebab kurangnya berat badan anda sehingga anda nantinya akan diberikan tips dan cara menambah berat badan oleh dokter.

Dan banyak juga yang langsung putus asa ketika sudah mengikuti cara menambah berat badan dan latihan selama berbulan-bulan tetapi tidak berhasil.

Berikut tips menambah berat badan :

  • Cara menambah berat badan yang pertama yaitu melakukan latihan beban selama satu jam dan tidak lebih. Karena jika lebih akan dapat membuang-buang kalori anda secara berlebihan juga. Sedangkan kalori juga anda butuhkan untuk membangun otot anda.
  • Memakan makanan bukan makanan suplemen yaitu real food maksimal satu jam sesudah latihan.
  • Jangan melatih otot yang sama hingga lebih dua kali dalam satu minggu.
  • Selain cara menambah berat badan di atas, anda juga membutuhkan protein untuk otot dan anda juga membutuhkan karbohidrat. Jadi makanlah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat secara langsung sesudah latihan.
  • Kemudian cara menambah berat badan yang harus anda lakukan yaitu meminum multivitamin agar nutrisi makanan yang anda makan dapat tercerna dengan baik.
  • Makanlah 5 sampai 6 kali setiap hari tetapi dengan porsi yang sedang. Dan anda juga harus mengurangi makan junk food karena junk food dapat memperlambat metabolisme tubuh dan menambah lemak yang tidak sehat.
  • Sesudah anda failure maka gunakanlah negatif reps yang dibantu oleh instruktur/teman anda untuk mengangkatnya dan anda dapat menahan ketika menurunkannya. Lakukan negatif reps secara bervariasi selama satu kali dalam 2 atau 3 minggu.
  • Cara menambah berat badan selanjutnya yaitu dengan melakukan reps sebanyak 6 sampai 8 kali karena itu juga sudah failure. Dan jangan melakukan reps hingga 12 kali.
  • Anda dapat mengikuti 9 sampai 12 set persesi per-otot dengan hanya menggunakan 3 sampai 4 alat yaitu sekitar 3 sampai 4 set peralat dan dengan hanya menggunakan basic compound movement.
  • Kemudian cara menambah berat badan yang terakhir  yaitu melakukan istirahat antar set sekitar 1,5 menit sampai 2 menit, kemudian angkat beban seberat mungkin.
Baca Juga:  Pria patut mewaspadai gejala penyakit kelamin berikut!

Untuk melakukan latihan-latihan pada cara menambah berat badan di atas, anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan pelatih/instruktur fitness atau orang yang ahli dalam latihan ini agar anda dapat melakukannya dengan benar.