Tips Dalam Menjalankan Program Diet Makanan Mentah

DokterSehat.Com – Pola makan kita saat ini umumnya adalah makan begitu banyak makanan olahan yang kita bahkan tidak berhenti untuk berpikir tentang apa yang sudah kita masukkan ke dalam tubuh kita, dan kita tidak tahu seberapa jauh hal itu berpengaruh untuk kesehatan tubuh kita.



Pola diet dengan menu diet makanan mentah berarti mengonsumsi makanan dalam bentuk yang belum diolah. Ada beberapa alas an-alasan yang masuk akal mengapa ini adalah ide yang baik. Pengolahan dan memasak makanan dapat mengurangi begitu banyak nilai gizi dari bahan dasar makanan tersebut. Anda mungkin ingat atau pernah mendengar saran jangan mengupas wortel atau kentang terlalu dalam, namun kadang tidak dibarengi penjelasan mengapa hal tersebut dilakukan.

Diet makanan mentah berarti makana belum diproses, mentah, organik, atau makanan utuh; seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan kering, rumput laut dll. Memasak mengeluarkan rasa dan nutrisi dari sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang cukup besar.

Program diet yang dalam istilah asing dikenal dengan sebutan raw food diet ini memang cukup efektif dalam mengontrol lemak yang masuk dalam tubuh, dan juga sangat menyehatkan. Akan tetapi proses diet makanan mentah tidak bisa dilakukan dengan mudah, karena banyak godaan dan hal yang bisa mengganggu konsentrasi kita saat melakukannya. Namun Anda jangan berkecil hati dan putus asa, karena ada hal yang bisa dilakukan agar bisa sukses menjalankan program diet tersebut, antara lain :

1. Konsultasi dengan ahli gizi
Agar usaha diet yang dijalankan sesuai dengan aturan yang benar, maka jangan sembarangan dalam melakukannya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan ahli gizi. Langkah tersebut akan membuat Anda faham dan yakin bahwa yang dilakukan sudah benar dan berada di jalur yang tepat.

Baca Juga:  Bagaimana Mendapatkan Sperma yang Sehat?

2. Lakukan secara bertahap
Bagi orang yang terbiasa mengkonsumsi makanan junk food atau yang memiliki citarasa dan aneka bumbu yang menggugah selera, pasti akan sangat sulit saat menjalani diet makanan mentah. Oleh sebab itu, lakukanlah program diet ini secara bertahap, walaupun pelan tetapi pasti.

3. Bergabung dengan komunitas yang sefaham
Jika kita punya teman yang memiliki keinginan dan tujuan yang sama sama menjalankan program diet makanan mentah, maka mereka akan menjadi motivator kita dalam menjalankan upaya tersebut. Kita tidak akan merasa sendirian dan yakin bahwa kalau orang lain bisa, maka kita pun pasti bisa.