Tips dalam Menghadapi Tekanan

DokterSehat.Com – Semua kesulitan sesungguhnya merupakan kesempatan bagi jiwa kita untuk tumbuh dan menjadi sukses.



Hidup kita memang tidak lepas dari berbagai tekanan. Lebih-lebih, hidup di alam modern ini yang menyuguhkan beragam risiko. Sampai seorang sosiolog Ulrich Beck menamai zaman kontemporer ini dengan masyarakat risiko (risk society). Alam modern menyuguhkan perubahan cepat dan tak jarang mengagetkan.

Nah, tekanan itu sesungguhnya membentuk watak, karakter, dan sekaligus menentukan bagaimana orang bereaksi di kemudian hari.

Lakukan hal-hal berikut yang bisa membuat kita bersemangat sehingga
siap menghadapi tekanan setiap harinya :

  • Bangun pagi, lakukan ibadah pagi sesuai dengan agama dan keyakinan kita, kemudian minum air putih dengan suhu normal 2 (dua) gelas langsung, lalu lakukan senam ringan dan jalan pagi di sekitar  rumah sambil menghirup udara pagi dalam-dalam. Nikmati udara yang kita hirup, pemandangan di sekitar rumah, dan suasana sekitar yg masih tenang di pagi hari.
  • Tulis 10 hal yang kita syukuri setiap pagi.
  • Jalani hari dengan semangat, jika ada hambatan dan pikiran negatif muncul, langsung ditantang, jangan biarkan pikiran negatif menguasai pikiran kita.
  • Lakukan relaksasi di sore hari dengan duduk di tempat yang tenang, melakukan rileksasi tubuh, tutup mata, dan bernafas perlahan (tidak terburu-buru), perkirakan dalam 1 menit kita menarik dan menghembuskan nafas sebanyak 10 kali. Fokuskan perhatian pada nafas dan nikmati setiap tarikan dan hembusan nafas sambil katakan (dalam hati) pada diri sendiri untuk rileks. Lalu lihat kembali daftar hal yang kita syukuri hari ini.