Tips Mengajarkan Anak Cuci Tangan

doktersehat cuci tangan cuci tangan
Designed by: Freepik

DokterSehat.Com– Mom, apakah si kecil di rumah sudah terbiasa mencuci tangan? Kebiasaan ini terkesan sederhana, namun manfaatnya sangat penting bagi menjaga kesehatan. Rajin mencuci tangan membantu mencegah penyebaran bakteri, kuman dan penyakit yang dapat menyebabkan infeksi.

Tips mengajarkan cuci tangan pada anak

Mencuci tangan pun tidak sesederhana kelihatannya. Anda perlu mengajarkan anak apa saja yang perlu dilakukan saat mencuci tangan, di antaranya:

1. Kapan anak harus mencuci tangan?

Ajarkan pada anak untuk mencuci tangan sebelum makan, setelah bermain dari luar rumah, menggunakan alat tulis, atau memgang barang lainnya. Semua barang-barang tersebut dapat menjadi perantara bakteri tanpa disadari oleh anak. Karena itu pastikan anak selalu rajin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas tersebut.

2. Mencuci tangan dengan air hangat

Air hangat lebih efektif untuk membasmi kuman dan bakteri yang menempel pada tangan anak. Pastikan suhu air yang digunakan tidak terlalu panas agar tidak menyebabkan cedera. Namun jika tidak tersedia air hangat, Anda bisa menggantinya dengan air suhu ruangan.

3. Gunakan sabun cuci tangan

Kebanyakan orang tua hanya mengajarkan menggunakan air untuk mencuci tangan anak. Faktanya, mencuci tangan akan lebih bersih jika menggunakan sabun cuci tangan. Anda bisa menggunakan sabun tangan dengan aroma yang menyegarkan agar anak mau mencuci tangan dengan baik.

Saat mencuci tangan, bersihkan juga sela-sela jari, punggung tangan, bawah kuku, hingga pergelangan tangan. Lakukan ini hingga kurang lebih 30 detik hingga benar-benar bersih.

4. Bilas dengan bersih lalu keringkan

Setelah mencuci tangan dengan bersih, bilas lalu keringkan dengan baik menggunakan handuk atau tisu. Dengan proses pengeringan yang baik, maka kemungkinan bakteri yang menempel akan semakin berkurang.

Nah, tidak susah kan mengajarkan anak untuk mencuci tangan? Yuk, lakukan secara rutin hingga menjadi kebiasaan anak sehar-hari.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik