Tips Cepat Mengatasi Wasir Berdarah

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang cukup banyak diderita masyarakat Indonesia adalah wasir. Tak hanya membuat duduk menjadi tidak nyaman, wasir atau yang disebut sebagai ambeien ini juga bisa saja mengalami pendarahan yang tentu bisa membuat kita ketakutan, khususnya saat melakukan buang air besar.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-hemoroid

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak duduk terlalu lama, tidak beraktifitas berat, tidak mengangkat barang, dan mengkonsumsi makanan pedas untuk sementara waktu hingga wasir berdarah ini berhenti. Selain itu, kita juga bisa menggunakan bahan alami berupa cuka apel untuk mengatasi pendarahan pada wasir ini.

Untuk menggunakannya, kita hanya perlu mengambil 2 atau 3 sendok makan cuka apel. Setelahnya, ambil kapas dan rendam kapas tersebut pada cuka apel. Kompreslah bagian wasir yang mengalami pendarahan dengan kapas tersebut setidaknya selama 30 menit. Lakukan hal ini beberapa kali saat sedang memiliki waktu luang di rumah.

Dengan mengompres wasir yang berdarah dengan cuka apel ini, maka pembengkakan dan pendarahan pada dubur bisa mereda. Tak hanya itu, cuka juga mampu membunuh berbagai bakteri dan mengatasi peradangan pada dubur. Jika anda merasakan sensasi pedih saat menempelkan kapas yang berisi cuka apel, cobalah untuk mencampurkan cuka apel ini dengan air hangat sebelum dipakai.

Jika pendarahan pada wasir ini terus muncul, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi ini ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan medis yang tepat.