informasi kesehatan


Tips Berpuasa yang Sehat

Tips Berpuasa yang Sehat

DokterSehat – Puasa Ramadhan apabila diterapkan dengan benar akan membuat dampak positif bagi kesehatan. Berikut beberapa tips untuk memastikan puasa anda menyehatkan

1. Minum cukup air.
Hidrasi adalah hal terpenting yang harus diatasi dalam puasa Ramadhan. Sebelum dan sesudah berpuasa, ingatlah untuk meminum air dalam jumlah besar. Kebutuhan hidrasi tubuh minimal adalah 1,5liter per hari yang tidak dapat ditawar.

2. Pola Makan yang sehat.
Lebih baik menerapkan pola diet sehat pada saat berbuka. Jangan berlebihan memakan makanan yang manis karena selain tidak memuaskan rasa lapar, hal itu juga mengganggu pola makan Anda. Memakan buah seperti kurma justru lebih dapat mengisi ulang energi dengan cepat.

3. Proporsional dalam Berbuka
Hindari kebiasaan berbuka dalam porsi besar. Mulailah dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sesaat sebelum memakan makanan besar.

4. Makan Secukupnya
Makanan yang berlebih selain mengganggu metabolisme tubuh justru menyebabkan ngantuk dan akan menganggu saat shalat tarawih. Buka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan.

5. Tetap makan 3x sehari
Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, sebaiknya Anda tetap makan tiga kali sehari: yang pertama saat bersahur, yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka. Untuk menjaga gizi tubuh anda.

6. Pola Sehat Makan Sahur
Disaat bersahur, makanlah buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Usahakan untuk bersantap sahur mendekati saat imsak.

7. Tidur di awal siang dan hindari sinar matahari
Apabila situasi memungkinkan, tidurlah sesaat saat siang hari untuk mengumpulkan energi dan hindari sinar matahari untuk mencegah dehidrasi.

8. Kurangi Penggunaan Tenaga Fisik
Khususnya untuk atlet harus lebih ekstra hati-hati untuk tidak berolahraga terlalu keras selama bulan Ramadhan. Kalau ingin berolahraga, lakukanlah secara tidak intensif di sore hari sebelum saat berbuka.

9. Tips untuk Penderita diabetes
Monitor gula darah anda dan jaga tubuh dari dehidrasi dan ingat untuk tidak makan yang manis-manis tanpa nasihat medis.

10. Orang yang lemah fisik.
Pada umumnya orang yang lemah fisik tidak wajib untuk berpuasa : Ibu hamil atau menyusui, lansia, pasien hipertensi, penyakit jantung atau asma. Tetapi bila tetap berpuasa, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika merasakan tanda-tanda gangguan kesehatan. Coba untuk pergi ke dokter sebelum dan sesudah Ramadhan.

11. Jangan menghentikan pengobatan tanpa nasihat medis.
Apabila anda sedang dalam pengobatan cobalah meminta saran dari dokter dan ustadz karena anda tidak harus berpuasa Ramadan jika hal itu membawa risiko pada kesehatan mereka.

12. Membatalkan puasa bila ada masalah kesehatan.
Bila Anda mengalami masalah medis selama sehari dan tidak dapat pulih dengan cepat, mungkin sebaiknya Anda tidak berpuasa sehari atau lebih. Anda dapat mengganti Hari-hari di mana Anda tidak berpuasa dapat diganti sebelum Ramadhan berikutnya. Kesehatan tetap perlu dijaga.

Dari berbagai sumber

pf button both Tips Berpuasa yang Sehat
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>