Tips Bernafas Sederhana Untuk Perenang Pemula

DokterSehat.Com – Berenang merupakan sebuah hobi yang sangat bermanfaat dan menyehatkan dalam kehidupan kita. Sebagaimana yang kita tahu bahwa olah raga yang satu ini bisa membuat badan kita menjadi sehat, rileks dan juga tidak sedikit yang menyebutkan bahwa berenang juga bisa menambah tinggi badan kita. Untuk mahir berenang, kita harus belajar cara berenang yang mudah bagi pemula dalam tulisan kali ini agar kita dapat mengatasi anggota tubuh kita sendiri agar tidak tenggelam.

12

Berikut tips pernapasan di dalam air sehingga Anda bisa menguasainya dengan baik :

  • Tenangkan diri
    Rileks adalah salah satu kunci yang paling utama jika Anda ingin bisa berenang dengan tenang. Menganggap air menjadi bagian diri Anda dengan cara bermain-main air dan sesekali guyur tubuh dengan air atau menenggelamkan diri dengan menahan nafas. Tidak panik saat air mulai meninggi dan tetap santai justru tidak akan membuat Anda cepat lelah saat berenang.
  • Menghembuskan nafas
    Saat menghembuskan nafas, sebaiknya mengeluarkan nafas dari mulut dengan membuka sedikit rongga mulut agar nafas bisa keluar sedikit demi sedikit sambil Anda menggerakkan tangan mendayung tubuh ke depan. Sebaiknya juga menghembuskan nafas bisa lebih panjang daripada Anda menarik nafas saat di permukaan air. Jangan buru-buru menghembuskan nafas, lakukan dengan pelan dan santai.
  • Tarik nafas dengan perlahan
    Pastikan menarik nafas dengan tenang, santai, alami namun cepat karena Anda tidak punya banyak waktu di permukaan. Lakukan saja seperti biasa Anda bernafas di darat namun lebih dalam. Coba menarik nafas dari mulut daripada dari hidung karena nafas bisa lebih panjang.
  • Ketahui waktu yang tepat
    Mengetahui kapan sebaiknya Anda mengambil nafas dan belajar mengeluarkan nafas sedikit-demi sedikit untuk bisa berada di dalam air akan sangat perlu latihan berkali-kali. Belum lagi Anda harus menghadapi kepanikan Anda. Belajarlah menyamakan waktu Anda saat berada di dalam air sebagai menghembuskan nafas dan berada di permukaan dengan mengambil nafas.
Baca Juga:  Waspada Juling / Strabismus pada Anak

Itu tadi beberapa tips berenang yang bisa diterapkan, jangan langsung belajar pada kedalaman lebih dari 1.5 m jika Anda tidak mampu. Belajar menjejak kaki pada kolam juga membantu membuat Anda lebih rileks dan mengatur kepanikan Anda.