Tips Berlari Yang Aman dan Efektif

DokterSehat.Com – Salah satu olahraga yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita adalah berlari. Dengan berlari, kita bisa membuat tubuh kita menjadi aktif dan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Berlari juga diklaim sangat menyehatkan berbagai organ penting dalam tubuh. Sayangnya, ada banyak orang yang berlari dengan cara yang kurang benar sehingga beresiko menimbulkan cedera. Sebenarnya, adakah cara berlari yang benar dan efektif sehingga kita bisa mendapatkan dampak positif bagi kesehatan tubuh secara maksimal?

doktersehat-olahraga-jogging-lari-exercise-malam-hari

Pakar olahraga yang merupakan coach olahraga lari bernama Andrew Kastor mengungkapkan jika olahraga berlari akan memberikan dampak kesehatan paling baik jika kita melakukannya dengan konsisten. Menurut beliau, rutin berlari akan membuat tubuh kita meningkatkan kemampuan untuk membakar lemak sekaligus membuat kesehatan psikologis kita semakin membaik. Kastor juga mengungkapkan jika olahraga lari harus dilakukan dengan aman dan nyaman. Sebagai contoh, kita sebaiknya menggunakan sepatu lari yang nyaman dipakai alih-alih memakai sandal jepit atau bahkan bertelanjang kaki yang tentu berpotensi menyebabkan cedera. Selain itu, bagi kaum hawa sebaiknya memakai bra khusus olahraga yang bisa membuat payudaranya aman dari guncangan selama berlari.

Berlari juga harus dilakukan dengan cara yang cerdas. Sebagai contoh, ada baiknya kita tidak membanding-bandingkan orang lain yang berlari lebih cepat atau lebih lama. Fokuslah pada olahraga yang kita lakukan sendiri dan cobalah untuk membuatnya rutin dan konsisten sehingga lambat laun kita akan memperbaiki teknik berlari kita. Selain itu, ada baiknya kita juga memperhatikan kontur dan kemiringan tanah yang dipakai untuk berlari. Sebagai contoh, jalanan menurun atau mendaki bukit akan lebih beresiko membuat lutut kita terasa sakit jika dibandingkan dengan berlari pada jalur yang lurus.

Baca Juga:  Akhir Pekan Bukan Alasan Bagi Kita Untuk Malas Mandi

Selain berlari dengan teknik yang tepat, kita juga harus memastikan bahwa tubuh kita mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Jangan memaksakan diri untuk berlari jika tubuh sudah memberikan sinyal untuk beristirahat karena hal ini berarti tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan diri terlebih dahulu.