Tips Berjalan Kaki Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com – Masih banyak orang yang meremehkan olahraga berjalan kaki. Padahal, jika kita mau mencermatinya lebih dalam, berjalan kaki yang sangat sederhana ini bisa membuat banyak bagian tubuh ikut aktif. Meskipun gerakannya cenderung sederhana, telah banyak pakar kesehatan yang mengakui betapa banyaknya manfaat berjalan kaki secara rutin untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa tips berjalan kaki yang bisa membuat program penurunan berat badan menjadi lebih efektif.

doktersehat-lari-jogging-olahraga

Cobalah untuk berjalan dengan santai, namun, cobalah untuk melakukan kegiatan ini dua kali sehari secara rutin. Sebagai contoh, jika kita berangkat atau pulang dari dan ke tempat kerja, kita bisa berjalan kaki menuju tempat kerja atau menuju tempat halte bus yang akan membawa kita ke tempat kerja. Meskipun santai, berjalan kaki akan sangat baik daam membakar kalori, mengurangi stress, dan memperbaiki suasana hati. Jika anda berjalan dengan jarak yang jauh, maka efek kesehatan yang akan anda dapatkan pun akan jauh lebih baik. Sebagai contoh, anda mau berjalan kaki dari rumah ke tempat kerja meskipun jaraknya agak jauh namun masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Jika olahraga berjalan kaki dilakukan setidaknya dua kali di dalam seminggu, maka program penurunan berat badan pun akan berjalan dengan lebih baik.

Jika kita bisa menyempatkan waktu untuk berolahraga berjalan kaki, khususnya di akhir pekan, kita bisa melakukan jalan cepat yang bisa membakar lemak dalam jumlah yang lebih banyak. Berjalan cepat dengan durasi 45 menit hingga 1 jam yang dilakukan secara rutin akan bisa membuat berat badan jauh lebih seimbang. Selain itu, cobalah untuk melakukan trik berjalan dan berhenti secara berulang beberapa kali. Setelahnya, kita bisa mulai melakukan push-up hingga squat jumping. Olahraga-olahraga intens ini akan membuat berat badan semakin seimbang.

Baca Juga:  Olahraga dengan Prinsip Ini Lebih Manjur Turunkan Berat Badan

Hambatan utama bagi orang yang ingin berolahraga berjalan kaki adalah kurangnya teman untuk berolahraga. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita mulai berjalan kaki bersama dengan teman, saudara, hingga rekan kerja. Dengan berjalan kaki bersama-sama, maka beban berjalan kaki pun akan jauh lebh menyenangkan, apalagi jika terdapat obrolan bersama yang menyanangkan.