Tips Berhenti Merokok

DokterSehat.com – Kalau kita sudah kecanduan dengan yang namanya rokok, susah untuk berhentinya. Namun kalau kita memang merasa merokok itu tidak bermanfaat, buat apa lagi merokok itu diteruskan. Kita harus berusaha untuk mengentikan rokok yang jelas-jelas merugikan buat kesehatan si perokok sendiri, juga untuk orang disekitar perokok khususnya apabila anda memiliki anak kecil. Selain itu merokok juga dapat mengganggu keuangan keluarga.



Berikut adalah tips untuk berhenti merokok, semoga dapat membantu :

  • Kemauan atau niat kuat untuk berhenti merokok, lalu buat komitmen dengan diri sendiri untuk berhenti merokok.
  • Jauhkan dari teman-teman yang sedang merokok maupun tukang rokok, serta jauhkan juga dari area merokok.
  • Jauhkan dari hal yang mengingatkan dengan keinginan merokok seperti korek dan rokok.
  • Alihkan keinginan merokok dengan makanan kecil atau menghisap permen sebagai ganti merokok, setiap kali datang keinginan untuk merokok. Selalu mengantongi permen karet adalah salah satu yang dapat dilakukan untuk menghindari keinginan merokok.
  • Lupakan keinginan merokok dengan perbanyak kegiatan, seperti bekerja, berolah raga, main game, dan sebagainya.
  • Jika Anda kesulitan untuk langsung berhenti total, mulailah dengan mengurangi jumlah rokok. Misalnya jika sebelumnya Anda merokok 12 batang dalam sehari, kurangi menjadi 10 batang, 6 batang dan seterusnya sampai anda benar-benar berhenti merokok.

Jika Anda memiliki tips atau kiat lain untuk berhenti merokok, silahkan tambahkan untuk share dengan teman-teman lain. Semoga membantu.
Sumber : berbagai sumber