Tips Berhenti Merokok Yang Tidak Lazim Super Ampuh

DokterSehat.Com – Cara berhenti merokok bagi para pecandu rokok terkadang adalah suatu hal yang sangat mustahil. Pasalnya, banyak para perokok yang bilang bahwa merokok adalah suatu kebiasaan bahkan adalah suatu kebutuhan. Ibarat orang makan nasi, maka merokok pun juga sama halnya dengan menyantap nasi yang dimakan sehari-hari. Lebih parahnya lagi adalah ketika seseorang yang sudah menjadi pecandu rokok hingga orang tersebut mengatakan bahwa jika disuruh memilih antara makan nasi atau rokok, orang tersebut lebih memilih rokok daripada nasi. Ini berarti rokok sudah mengakar dan menancap menjadi candu di dalam tubuh seseorang.

doktersehat-rokok

Berikut tips ampuh berhenti merokok:

• Tanam rokok anda
Carilah sebuah pot yang padanya terdapat tanaman seperti bunga dan yang lainnya. Kubur rokok anda pada tanah di dalam pot tersebu, kemudian taruhlah ia di luar rumah. Kalau bisa, taruh ia di depan pagar dan jauh dari jangkauan anda. Hal ini sedikit banyaknya menjadi pemicu kemalasan anda untuk merokok, karena untuk merokok saja anda harus repot membongkar tanaman.

• Bertaruhlah dengan hal yang bisa membangkrutkan
Ajak bos atau rekan anda untuk taruhan. Katakan pada mereka bahwa jika bos atau rekan anda tersebut melihat anda merokok, maka rumah anda beserta isinya akan ia serahkan kepada bos atau rekan kerja anda tersebut. Buatlah surat perjanjian dengan tanda tangan anda di atas materai dengan disaksikan minimal 5 orang kerabat kedua belah pihak.

• Bayar denda
Carilah rekan atau keluarga anda yang juga ingin berhenti merokok. Katakan padanya bahwa siapapun diantara kalian yang ketahuan merokok, maka akan membayar denda Rp 10.000.000,- kepada sang lawan. Seperti sebelumnya, tulislah sebuah surat perjanjian ini dengan tanda tangan di atas materai dan disaksikan oleh beberapa kerabat kedua belah pihak.

Baca Juga:  Awas, Makanan yang Dimasak Dengan Microwave Beresiko Kurang Baik Bagi Kesehatan

• Berlari
Cara berhenti merokok selanjutnya adalah berlari. Berlarilah setiap ada keinginan untuk merokok dan jangan berhenti hingga keinginan merokok tersebut menghilang. Jika muncul lagi, di manapun anda berada berlarilah bahkan hingga bermil-mil. Jika ada yang bertanya, katakan bahwa anda telah bertekat untuk berlari setiap ada perasaan untuk kembali merokok.

• Minum backing soda dan buah-buahan
Setiap anda ingin merokok, makalah buah-buahan segar agar mulut anda terasa segar dan melupakan hasrat ingin merokok. Namun jika anda masih ingin tetap merokok, minumlah arir yang berisi campuran backing soda (bukan minuman bersoda seerti Cola dan sejenisnya). Meski backing soda tidak enak, cara ini ampuh untuk menghilangkan kebiasaan merokok anda.

• Obat berhenti merokok
Cara untuk berhenti selanjutnya adalah dengan meminum obat berhenti merokok yang dapat anda dapatkan di apotik-apotik terdekat. Namun demikian, agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan ada baiknya anda berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis paru sebelum mengkonsumsi obat tersebut.

BACA JUGA : Pola Hidup Sehat Dengan Lupus