Tips Bercinta Bagi Penderita Asma

Doktersehat.com – Aktivitas bercinta sangat diperlukan guna menambah keintiman pasangan suami istri. Namun, kondisi medis seperti asma terkadang mempersulit jalannya aktivitas ini.



Asma akan kambuh bila melakukan aktiviatas fisik yang memicu kelelahan. Padahal, seks merupakan aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan fisik dan tingkat frekuensi napas yang tinggi.

Tak hanya itu saja, asma juga bisa  kambuh bila terjadi perubahan emosi yang ekstrim seperti tertawa yang berlebihan, marah, atau saat stres.

Agar penderita Asma dapat lebih menikmati hubungan seks tanpa takut asmanya kambuh, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan serangan asma:

Hindari alergen penyebab asma

Penderita asma biasanya memilki alergi terhadap bulu binatang seperti kucing atau kelinci. Maka, usahakan jangan sampai binatang peliharaan Anda masuk ke dalam kamar. Selain itu, disarankan untuk mengganti sarung bantal dan sprei secara rutin untuk menghindari timbunan debu yang dapat memicu serangan asma.

Konsumsi obat-obatan bronkodilator

Biasanya, penderita asma memiliki obat yang dapat meredakan gejala sesak napas. Misalnya, obat-obatan bronkodilator yang mampu membantu mengendurkan otot pernapasan sehingga dapat melebarkan ventilasi udara dalam tubuh. Meski demikian, jangan gunakan obat-obatan tersebut tanpa resep dari dokter.

Ubah posisi bercinta

Dalam berhubungan seks ada berbagai macam gaya yang bisa Anda coba. Namun, tidak demikian dengan penderita asma. Tidak semua gaya bercinta aman untuk penderita sesak napas.

Sebaiknya hindari posisi yang banyak membutuhkan tekanan dada karena dapat memicu kambuhnya asma. Ganti sesering mungkin posisi bercinta Anda untuk mencegah kambuhnya asma.

Ubah waktu bercinta

Waktu bercinta yang tepat sangat diperlukan oleh penderita asma. Kondisi tubuh yang lelah dan stres sering memicu serangan asma. Pagi menjelang siang merupakan waktu yang dianggap tepat untuk bercinta. Pada waktu itu, paru-paru bekerja paling baik sehingga bisa digunakan untuk menghindari serangan asma.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Penis Bengkok Pada Anak

Hindari rokok dan minum alkohol sebelum bercinta

Merokok dapat berakibat buruk untuk kesehatan, termasuk memicu serangan asma.

Sumber: kompas.com