Tips Bagi Ibu Bekerja Agar Tetap Dapat Bonding dengan Bayi

doktersehat-nutrisi-gizi-bayi-balita

DokterSehat.Com– Bagi ibu bekerja, salah satu tantangan menjadi ibu adalah ketika harus kembali bekerja setelah menikmati cuti melahirkan. Banyak ibu bekerja khawatir jika ibu kembali bekerja akan kehilangan momen bersama anak dan kesulitan membangun ikatan dengan anak. Namun Anda tak perlu cemas, melalui kegiatan sederhana ini Anda dapat tetap membangun ikatan yang baik antara ibu dan anak.

Kegiatan yang dapat menumbuhkan kedekatan antara ibu dan anak

Pada dasarnya ikatan antara ibu dan anak akan terbentuk ketika ibu banyak menghabiskan waktu bersama si kecil. Ikatan tersebut dapat ditumbuhkan melalui sentuhan, ciuman, pelukan dan berbagai kedekatan lainnya.

Dilansir dari laman parenting, Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu bekerja untuk membangun kedekatan dengan anak, yaitu:

1. Menyusui
Bagi ibu bekerja, buatlah jadwal teratur untuk menyusui si kecil. Gunakan waktu di rumah untuk menyusui dan bermain bersama anak. Susui langsung anak Anda ketika Anda berada di rumah seperti saat sebelum tidur atau sebelum Anda berangkat ke sekolah. Saat menyusui, lakukan kontak mata dan bicara hal-hal yang positif untuk si kecil.

2. Bermain
Setibanya di rumah, atur waktu Anda antara beristirahat dan mengajak si kecil bermain. Dengan membuat jadwal bermain, anak akan selalu merasa Anda ada untuk dirinya dan ia akan antusias menyambut kehadiran Anda. Tak perlu bermain dengan permainan yang mahal atau canggih, cukup bermain ci luk ba, mendongeng, bernyanyi dapat membantu meningkatkan kualitas ikatan antara ibu dan anak.

3. Memandikan dan memijat bayi
Sentuhan merupakan salah satu cara terbaik untuk membentuk ikatan antara ibu dan anak. Saat mandi, ibu punya banyak kesempatan untuk melakukan skin to skin contact. Selesai mandi, Anda bisa memijat anak dengan lembut untuk membuatnya rileks dan merangsang perkembangan indranya.

Nah Bunda, tidak susah kan untuk meluangkan waktu bersama si kecil? Sesibuk apa pun, sempatkan untuk mmeberi perhatian bagi si kecil ya!