Tips Atasi Mata Iritasi Di Rumah

DokterSehat.Com – Ketika kita berkendara motor terkadang ada debu atau juga partikel halus yang masuk mata sehingga bisa terjadi iritasi dengan gejala mata merah dan gatal.

6523714709_f6c5157da0_b

Banyak obat yang ampuh untuk mengatasi masalah ini, Anda tinggal membeli di apotek. Tapi jika Anda tidak sempat pergi ke apotek, coba sendiri dengan beberapa cara berikut :

• Irisan kentang
Tidak hanya mentimun, kentang yang baru dibersihkan dan dipotong tipis, lalu diletakkan ke bagian mata yang bengkak pun memiliki manfaat yang sama seperti irisan mentimun.

• Irisan mentimun
Ketika Anda atau pasangan melakukan perawatan di salon, seringkali diberi irisan mentimun untuk menyejukkan matanya. Di rumah pun dapat Anda lakukan cara seperti ini.

• Lidah buaya
Tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mengurangi pembengkakan mata. Campurkan sedikit lidah buaya yang sudah dihancurkan dengan air dingin, dan usapkan ke mata. Tunggu beberapa saat, maka akan terlihat hasilnya.

• Air garam
Selain air dingin, Anda juga dapat menggunakan air rendaman garam untuk mengompres mata.

• Kompres air dingin
Bersihkan dengan air dingin dan kompres mata Anda selama beberapa saat. Jika mata dalam kondisi bengkak, mata cara seperti ini ampuh untuk mengempaskan bengkak dan mengurangi kotoran penyebab terjadinya gatal-gatal.