Tips Atasi Gatal Kronis

Doktersehat.com – Gatal kronik biasanya dialami oleh penderita psoriasis, yakni penyakit peradangan kulit kronis yang diakibatkan oleh penyakit autoimun. Penderita psoriasis memiliki kulit seperti tumpukkan sisik kasar yang berwarna dasar merah tebal. Kelainan pada kulit ini diakibatkan pembentukan kulit yang terlalu cepat.



Penyakit psoriasis biasanya menimbulkan gatal yang bisa mengakibatkan kulit menjadi bengkak, merah, panas, hingga mengeluarkan cairan. Kondisi ini tentu saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan bisa mengakibatkan timbulnya infeksi.

Berikut ini beberapa tips meredakan gatal di kulit yang bisa Anda lakukan sendiri maupun dengan bantuan ahli medis:

1. Hindari bau menyengat

Bau menyengat yang dikeluarkan produk rumah tangga seperti pengharum ruangan, deterjen, pembersih, dan pelembut pakaian akan membuat kulit bertambah gatal.

2. Mandi dengan air dingin
Mandi air dingin lebih ampuh meredakan gatal ketimbang air hangat. Mandi dengan air hangat malah akan memperburuk kondisi kulit yang gatal sebab air hangat bisa menghilangkan kelembaban alami kulit.

3. Gunakan sabun ringan
Produk yang memiliki kandungan bahan kimia yang keras tidak cocok untuk kulit yang gatal. Sebaiknya pilihlah produk sabun yang cocok untuk kulit sensitif.

4. Gunakan garam mandi
Garam mandi tertentu dapat menambah kelembaban kulit. Gunakan produk tersebut, namun jangan berendam terlalu lama.

5. Jangan menggaruk
Saat gatal menyerang sebaiknya usahakan jangan sampai tangan menggaruk kulit sebab garukan malah dapat membuat kulit makin gatal dan teriritasi.

6. Gunakan pelembab sesering mungkin
Untuk menjaga kelembaban kulit, sebaiknya gunakan pelembab yang mengandung kelembaban tinggi.

7. Cobalah antihistamin
Gatal juga bisa diredakan dengan antihistamin yang bekerja langsung ke jalur saraf yang berhubungan dengan gatal.

Baca Juga:  Eksim - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

8. Gunakan es
Mengoleskan es ke kulit merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan gatal sebab es dapat “mematikan” saraf.

9. Gunakan baju berbahan katun
Penderita gatal disarankan untuk memakai pakaian yang berbahan katun sebelum tidur.

Sumber: Kompas.com