Tips Atasi Dehidrasi Ketika Fitnes

doktersehat-tips-fitnes
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Saat melakukan olahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak energi dan cairan yang menyebabkan tubuh menjadi lemas dan lelah. Energi tersebut akan diubah menjadi otot, sedangkan cairan di dalam tubuh akan diubah menjadi keringat. Maka tak heran, ketika orang melakukan olahraga akan mengucurkan keringat yang begitu banyak.

Semua jenis olahraga akan menghasilkan keringat yang tak sedikit, tidak terkecuali latihan kebugaran atau fitnes. Dengan banyaknya keringat yang keluar, maka seseorang akan mengalami dehidrasi, yaitu kondisi di mana seseorang banyak cairan di dalam tubuh yang mengakibatkan beberapa gangguan, mulai dari pusing, sakit kepala, bahkan sampai jatuh pingsan.

Efek samping dari dehidrasi juga cukup merugikan fisik Anda, misalnya gangguan pencernaan dan tidak lancarnya reproduksi sel serta hormon di dalam tubuh. Hal itu sering terjadi pada orang yang melakukan latihan kebugaran. Oleh karenanya, Anda harus menghidrasi tubuh dengan baik agar kondisi tubuh tetap prima dalam melakukan latihan.

Biasanya, untuk mengantisipasi kemungkinan buruk tersebut, seseorang akan minum dengan porsi banyak sebelum latihan dengan dalih agar cairan di dalam tubuh tidak terkuras habis. Padalah, cara tersebut kurang tepat. Sebaiknya Anda minum air putih secukupnya sebelum memulai latihan. Kemudian, minumlah air putih dalam porsi banyak ketika sudah selesai latihan. Hal ini terbilang lebih efektif dan bisa menjaga kestabilan cairan ddi dalam tubuh Anda.

Lantas, sebelum Anda mengalai dehidrasi, disarankan untuk berhenti sejenak atau istirahat. Sebab, biasanya kebanyakan orang yang terlalu tinggi ambisinya sangat memforsir tubuh untuk latihan. Pahadal dengan terlalu memaksakan, sama saja menyiksa tubuh yang akhirnya menguras seluruh cairan di dalam tubuh. Duduklah sejenak dengan mengonsumsi air mineral sampai keringat menjadi kering dan rasa lelah perlahan hilang.

Lantas, agar tubuh cepat pulih ketika dehidrasi, kompres menggunakan kain basah pada beberapa area tubuh, seperti punggung, perut, leher, dan beberapa area lainnya secara bergantian. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih nyaman dan terasa sejuk sehingga mengurangi efek dari dehidrasi tersebut.