Tips Ampuh Menjaga Telinga Tetap Sehat

DokterSehat.Com – Telinga merupakan salah satu indera vital bagi tubuh. Selain sebagai indera pendengaran, telinga juga merupakan indera keseimbangan. Jika terjadi gangguan pada telinga, akibatnya bisa fatal hingga kehilangan pendengaran. Untuk itu perlu diketahui cara menjaga kesehatan telinga dengan baik.



Tak adil rasanya, kita mengabaikan kesehatan indera telinga tersebut. Padahal, indera telinga menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tanpa anda sadari, kebiasaan dan aktivitas sehari-hari justru membuat berkurangnya kemampuan menangkap berbagai suara yang masuk ke indera pendengaran.

Berikut tips menjaga telinga tetap sehat :

  1. Usahakan untuk menghindari berbagai suara yang memiliki tingkat kebisingan yang terlalu tinggi. Suara-suara yang terlampaui tinggi tersebut seperti suara gergaji mesin, suara musik yang terlalu keras dan lain-lain.
  1. Usahakan untuk merubah berbagai kebiasaan yang dapat mengurangi kemampuan mendengar anda. Seperti suka mendengarkan musik dengan headset atau mengeraskan volume suara musik ke level maksimal.
  1. Usahakan untuk tidak berlama-lama berada di sebuah tempat yang memiliki tingkat kebisingan yang terlampaui tinggi. Dalam hal ini, segeralah berpindah dari tempat-tempat yang memekakkan telinga anda tersebut.
  1. Jika anda harus berada di suatu tempat yang memiliki tingkat kebisingan yang tinggi, maka ada baiknya menggunakan penyumbat telinga yang dapat mengurangi kerasnya suara yang masuk ke lubang telinga.
  1. Ada fakta unik yaitu terdapat hubungan antara kebiasaan merokok dengan penurunan daya dengar seseorang. Dalam hal ini, jika seseorang memiliki kebiasaan merokok, maka indera pendengarannya akan mengalami penurunan pula dari waktu ke waktu.
  1. Mulai sekarang, jangan membersihkan bagian dalam telinga dengan kapas. Ini dikarenakan, akan malah mendorong lapisan lilin yang berada di lubang telinga masuk lebih dalam dan menyumbat lubang telinga anda. Sehingga mempengaruhi kemampuan mendengar seseorang.