Tips Ampuh Berhenti Merokok

DokterSehat.Com– Cukup banyak pecandu rokok yang sebenarnya ingin berhenti namun merasa kesulitan untuk menghilangkan kecanduan ini. Sebagian dari mereka bahkan merasakan mulutnya pahit atau merasa cemas saat tidak bisa merokok. Sebenarnya, apakah ada cara yang ampuh bagi kita agar bisa berhenti dari kecanduan merokok ini?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang perlu kita lakukan jika ingin berhenti merokok. Berikut adalah diantaranya.

Menghindari minum kopi
Tahukah anda jika kandungan kafein di dalam kopi ternyata bisa membuat kita ingin merokok? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tak lagi minum kopi di pagi hari selama satu bulan sembari mencoba untuk tidak lagi menghisap rokok. Minuman ini bisa kita ganti dengan minuman lain seperti teh kayu manis, teh jahe, atau infused water yang terbuat dari buah-buahan. Tak hanya bisa menurunkan keinginan untuk merokok, minuman-minuman tersebut mampu membuat kita mendapatkan kandungan vitamin C yang baik bagi tubuh.

Menghindari makanan manis
Mereka yang ingin berhenti merokok sebaiknya menurunkan kadar glukosa dalam darah karena kadar glukosa ini mampu menciptakan rasa tidak nyaman atau stress yang akhirnya memancing kita untuk merokok demi menghilangkan rasa tersebut. Beberapa jenis makanan seperti permen, biskuit manis, atau kue sebaiknya kita hindari demi mencegah kenaikan kadar glukosa dalam darah tersebut.

Mengkonsumsi makanan yang bisa membuat tubuh rileks
Beberapa jenis makanan sehat seperti gandum, oatmeal, sup labu, ikan putih, buah pisang, dan sayuran sangatlah menyehatkan dan bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Kita pun bisa menjaga tekad untuk terus berhenti merokok.

Mengkonsumsi air hangat yang ditambah madu
Air hangat yang ditambah dengan madu memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Selain itu, minuman ini ternyata memiliki sifat anti bakteri yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan paru-paru. Dengan mengkonsumsinya 2 kali dalam sehari, kita pun akan semakin berhasil berhenti merokok.