Tips Ampuh bagi Para Perokok yang Kesulitan untuk Berhenti Merokok

DokterSehat.Com – Saat ini rokok sudah menjadi konsumsi banyak masyarakat, baik dewasa maupun anak-anak. Dan para pakar kesehatan sepakat bahwa rokok sangat tidak baik untuk kesehatan kita karena berperan sebagai faktor resiko dari berbagai penyakit menakutkan seperti asma dan gangguan pernafasan, kanker lidah, kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke. Dalam satu batang rokok saja mengandung jutaan racun dan zat kimia yang mematikan. Maka dari itu, dalam artikel ini akan dibagikan tips ampuh untuk dapat berhenti merokok, terutama bagi para perokok berat yang kesulitan untuk lepas dari rokok tersebut. Penasaran? Yuk, mari kita simak artikel ini.

shutterstock_216024766 copy

1. Berhenti mendadak

Terkesan mustahil memang bagi sebagian orang untuk berhenti merokok secara mendadak. Namun hal tersebut dirasa ampuh untuk menghilangkan kecanduan Anda terhadap rokok. Berhenti mendadak maksudnya, jika hari ini Anda masih merokok. Esok sebaiknya langsung berhenti total. Bagi sebagian orang cara ini ampuh untuk benar-benar berhenti merokok.

2. Lakukan penundaan untuk merokok

Cobalah untuk menunda merokok. Cara tersebut akan membuat anda, sedikit demi sedikit mengurangi kecanduan pada rokok hingga akhirnya berhenti. Jika keinginan untuk menghisap rokok datang. Ada baiknya untuk mengalihkan keinginan tersebut, yaitu melakukan kegiatan lainnya seperti kembali bekerja atau makan saja.
Dengan melakukan penundaan, lama kelamaan keinginan untuk berhenti merokok akan datang sendirinya karena Anda akan merasa malas untuk menghisap rokok.

3. Makan Permen

Dengan memakan permen dapat mengurangi rasa ingin merokok anda, Anggap saja makan permen merupakan pengganti kegiatan merokok anda. Setiap kali anda merasa ingin merokok cobalah untuk memakan permen sampai anda benar-benar berhenti merokok.

4. Kurangi rokok
Bila dalam sehari Anda bisa menghabiskan sebungkus rokok untuk dihisap. Cara mengurangi rokok ini yaitu mengurangi rokok sehari setiap minggunya. Hal ini akan membantu Anda untuk lama kelamaan berhenti merokok sesuai dengan tujuan awal. Proses yang dijalani memang cukup lama, namun tak ada salahnya untuk mencoba.

Baca Juga:  Makanan-Makanan Ini Sebaiknya Tak Dikonsumsi Andai Kita Sedang Menggunakan Antibiotik

5. Dukungan orang terdekat
Keinginan untuk berhenti merokok tak hanya dari diri sendiri. Anda juga butuh dukungan orang terdekat. Bila Anda tak mendapat dukungan, keinginan berhenti merokok akan sia-sia. Jadi dukungan dari orang terdekat sangat penting, karena support dari keluarga dan orang terdekat sangat dibutuhkan sekali disini.

Nah itu dia beberapa cara ampuh agar tidak merokok lagi. Semua pada dasarnya kembali pada niat anda sendiri lagi. Apakah anda benar-benar niat untuk berhenti merokok atau malah mengabaikan itu semua termasuk keluarga anda sendiri. Ingat merokok telah membunuh jutaan orang tiap tahunnya.

Mari stop rokok anda sekarang juga demi kesehatan kita bersama!