Tips Aman Mengecilkan Perut Buncit

 



Doktersehat – Timbunan lemak di perut tidak hanya merusak penampilan Anda, tapi juga mengancam kesehatan Anda. Menurut Harvard medical School timbunan lemak di perut lama kelamaan akan berkembang menjadi lemak visceral yang berpengaruh terhadap risiko resistensi insulin yang menyebabkan munculnya diabetes tipe 2.

Agar terhindar dari risiko diabetes, Anda wajib merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Berikut ini beberapa tips aman mengecilkan perut:

1. Konsumsi Air Putih

Air mampu mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh. Selain itu, air juga bermanfaat membersihkan racun yang menyebar di sekitar usus dan perut. Konsumsilah 8 gelas air putih perhari agar perut bersih dari tumpukan lemak yang nantinya akan terbawa urin.

2. Hindari Makanan Gorengan
Makanan yang diproses dengan cara digoreng dapat memperlambat proses pencernaan sehingga menyebabkan adanya tumpukan lemak di dalam tubuh. Untuk mencegah timbunan lemak di perut sebaiknya konsumsilah lemak yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA).

3. Kurangi Makanan Bergaram
Garam memiliki kandungan sodium yang bersifat mengeluarkan air dari sel sehingga mengakibatkan air menjadi sulit masuk dan keluar. Hal inilah yang memicu perut makin buncit.

4. Minum Kopi Serta Teh Hijau
Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu membakar lebih banyak kalori serta meningkatkan metabolisme tubuh hingga 10 persen. Demikian pula teh hijau yang dapat mengurangi penyerapan lemak dan membantu sirkulasi glukosa.

5. Makanlah Makanan Berserat
Sistem pencernaan akan bekerja lebih maksimal bila Anda mengonsumsi makanan yang berserat. Serat merupakan elemen penting dalam diet, meski begitu dibutuhkan pula penyeimbang agar air tidak menyebabkan penggelembungan. Karena itu, konsumsilah serat yang berasal dari buah-buahan seperti apel dan pear yang banyak mengandung air.

Baca Juga:  Resiko Besar Yang Didapatkan Jika Hamil di Usia 40-an

6. Olahraga Teratur
Olahraga secara teratur dipercaya mampu mengecilkan perut buncit Anda. Olahraga dapat menggerakkan cairan penyebab perut membuncit yang nantinya akan dikeluarkan bersama dengan urin.

7. Hindari Makanan Berlemak

Lemak paling banyak terdapat dalam daging. Meski rasanya begitu lezat, makanan satu ini akan menyebabkan perut membuncit bila dikonsumsi secara berlebihan.

8. Sering Makan dengan Porsi Kecil

Makan berkali-kali dengan porsi kecil dapat membuat perut terasa tetap kenyang. Meski makan terlalu sering, kebiasaan ini tidak akan membuat timbunan lemak di perut. Kondisinya akan berbeda bila Anda makan dengan porsi yang banyak  sekali makan.

Beberapa tips di atas pada dasarnya mengajak Anda untuk lebih sehat dalam menerapkan pola makan dan pola hidup. Cobalah ubah kebiasaan buruk Anda yang dapat memicu tumpukan lemak di perut. Selamat mencoba!

Dari berbagai sumber