Tips Aman Memakai Toilet Umum Agar Tidak Mudah Tertular Penyakit

DokterSehat.Com– Naning Adiwoso, Ketua Umum Asosiasi Toilet Indonesia, menyebutkan bahwa 90 persen toilet di sekolah-sekolah di ibukota Jakarta ternyata berada dalam kondisi yang kotor. Menurut Naning, kondisi toilet di sekolah ini menjadi salah satu contoh dari mengenaskannya kondisi toilet umum di Indonesia. Dalam realitanya, toilet umum bisa menjadi tempat penularan penyakit seperti diare, tifus, cacingan, dan berbagai penyakit lainnya.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Untuk menghindari penularan berbagai penyakit tersebut, pastikan untuk melakukan tips menggunakan toilet umum berikut ini.

Jangan bawa benda apapun ke dalam toilet umum
Jangan bawa barang seperti tas atau ponsel saat memasuki toilet umum agar benda-benda tersebut tidak terpapar oleh kuman dari dalam toilet.

Selalu memakai alas kaki
Meskipun lantai terlihat bersih, pastikan untuk memakai alas kaki saat memasuki toilet umum agar kaki tidak mudah terkontaminasi berbagai kuman dan bakteri.

Bersihkan toilet duduk dengan tisu
Kita tidak tahu apakah orang yang menggunakan toilet duduk sebelumnya adalah orang yang higienis atau tidak. Karena alasan inilah, pastikan untuk membersihkan dudukan toilet dengan air dan juga tisu sebelum digunakan.

Jangan menyentuh benda dalam toilet secara langsung
Saat menekan tombol flush atau pegangan pintu, ada baiknya kita menggunakan tisu sebagai pelapis tangan agar tidak menyentuhnya secara langsung. Kedua benda di dalam toilet umum ini ternyata tempat berbagai kuman penyakit bersarang.

Mencuci tangan dengan toilet
Jangan malas, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setidaknya selama 30 detik demi menghilangkan berbagai kuman yang ada pada telapak tangan.

Tidak memakai pengering tangan
Pengering tangan otomatis yang ada di toilet umum ternyata juga kaya akan kuman sehingga sebaiknya tidak kita gunakan.

Baca Juga:  Jangan Lupa Lakukan Ini Sebelum Berbuka Puasa

Memakai cairan antiseptic
Gunakan cairan antiseptik yang bisa membunuh kuman di telapak tangan setelah kita menggunakan toilet dan mencuci tangan.