Tips Aman Berolahraga Saat Anda Punya Asma

DokterSehat.Com – Tidak semua orang terlahir dengan tubuh yang sepenuhnya fit. Beberapa orang kemungkinan lahir dengan membawa penyakit yang tidak bisa sembuh atau membatasinya dalam beraktivitas. Salah satu penyakit yang juga bersifat bawaan dan susah sembuh adalah asma.



Banyak orang yang hidup dengan asma terpaksa membatasi aktivitas terlalu berat untuk mencegah kambuhnya serangan asma. Lalu bagaimana dengan olahraga? Olahraga merupakan salah satu kegiatan fisik yang cukup berat namun juga dibutuhkan tubuh agar tetap fit.

Nah, jika Anda salah satu penderita asma, seperti dikutip dari webmd.com, olahraga boleh saja, dan berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika melakukan olahraga :

  • Olahraga semampu Anda. Jangan pernah memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat. Ketahui batas kemampuan Anda dan lakukan olahraga secara aman.
  • Jika cuaca sedang dingin, lakukan olahraga di dalam ruang atau gunakan masker saat keluar rumah. Hindari olahraga di luar, apalagi jika banyak polusi, seperti misalnya bike to work dan lain sebagainya.
  • Lakukan pemanasan dan selalu lakukan pendinginan saat setelah olahraga untuk menjaga sistem pernapasan tidak mengalami shock yang memicu terjadinya asma.
  • Selalu gunakan obat pra-olahraga untuk penderita asma, jika dokter meresepkan, seperti misalnya bronkodilator inhalasi, kromolin, atau nedocromil. Ini mungkin diresepkan untuk asma mudah kambuh sebelum melakukan olahraga.
  • Sebelum memulai olahraga, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan memberi saran yang baik, memberitahu Anda tentang kondisi tubuh Anda dan menyarankan olahraga yang cocok untuk Anda lakukan.