Tips Agar Tidak Tertular Beberapa Jenis Penyakit Kelamin

DokterSehat.Com – Perawatan alat kelamin adakalanya perlu perawatan yang lain, dibandingkan yang lainnya. Selain lokasinya yang tidak terlihat secara langsung sehingga pengamatannya lebih susah. Tetapi perawatannya tetap harus dilakukan.



Pria dan wanita memiliki alat kelamin yang berbeda termasuk bentuk, struktur kegunaan dan fungsinya. Dan tentu saja perawatannya juga berbeda. Vagina yang dimiliki oleh wanita mudah terkena infeksi dan iritasi, berbeda dengan penis yang dimiliki oleh pria karena sebagian besar kulit penis cukup tebal sehingga lebih tahan terhadap iritasi dan infeksi.

Didalam merawatnya seringkali salah, seperti contoh, wanita sering membersihkan alat kelaminnya menggunakan sabun biasa atau cairan pembersih yang tidak jelas komposisi kandungannya, atau menaburi bedak, bahkan menyemprotkan parfum didalam vagina. Bagi pria juga misal menggunakan celana dalam yang ketat, hal ini dapat menimbulkan permasalahan lainnya.

Berikut cara untuk menghindari penularan penyakit kelamin :

  • Berikan penyuluhan kesehatan
    Bagi kita yang mengerti tentang penyakit kelamin, terlebih jika kita adalah tenaga kesehatan, sebaiknya kita melakukan penyuluhan kesehatan tentang bahaya free seks. Ini merupakan langkah preventif atau langkah pencegahan. Cara ini cukup efektif sebagai langkah awal untuk mencegah penularan penyakit kelamin. Untuk sasaran dari penyuluhan ini antara lain adalah para anak muda, anak SMA, Smp dan juga masyarakat.
  • Anjurkan untuk menggunakan alamt pengaman
    Bagi orang yang memang sudah terinfeksi penyakit kelamin, sebaiknya jika dia akan berhubungan dengan orang lain, dia harus menggunakan alat pengaman seperti misalnya menggunakan kondom ketika berhubungan. Hal ini bisa mencegah terjadinya penularan penyakit kelamin.
  • Tidak melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan
    Bergonta-ganti pasangan ketika melakukan hubungan seks adalah penyebab utama terjadinya penularan penyakit seks. Jadi sebaiknya jangan melakukan hal ini. Selain berdampak buruk pada diri anda, hal ini juga larangan agama. Jadi jika anda melakukan hal ini, sama saja berdosa.
  • Tidak kontak dengan darah maupun cairan tubuh orang yang sudah terinfeksi penyakit kelamin
    Penyakit kelamin yang saya maksudkan kali ini adalah penyakit HIV/AIDS. Penyakit ini sekarang tengah menjadi penyakit mematikan no 1 di dunia. Karena apa? Sampai saat ini belum ada obatnya. Jadi jika anda mengetahui seseorang telah menderita penyakit ini. Jangan sekali-kali anda kontak dengan darahnya maupun cairan tubuh yang lain. Karena jika anda kontak dengan itu, apalagi jika itu melalui bagian tubuh ada yang sedang ada luka terbuka, maka besar kemungkinan ada akan tertular penyakit kelamin ini. Penyakit HIV/AIDS merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Jadi ini sangat berbahaya dan juga belum ada obatnya.
Baca Juga:  Pelajari Gejala-gejala Sifilis Menyerang

Itulah beberapa tips untuk menghindari penyebaran atau tertular dengan penyakit kelamin. Demikian, semoga bermanfaat untuk semuanya.