Tips Agar Tidak Mudah Terkena Mimpi Buruk

mimpi-doktersehat
Photo Credit: Brightside.me

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku mengalami penurunan kualitas tidur dengan signifikan akibat dari mengalami mimpi buruk. Sebagai contoh, kita bisa saja terbangun di tengah malam dan tak mampu tidur kembali karena denyut jantung yang meningkat atau takut akan mengalami mimpi buruk kembali. Berikut adalah cara yang bisa kita lakukan agar tidak lagi mudah mengalami mimpi buruk.

Ketahui dulu penyebabnya
Banyak orang yang mengalami mimpi buruk akibat dari masalah depresi, stress, kecemasan, atau bahkan mengalami gangguan sleep apnea. Ketahui dulu apa penyebabnya sehingga kita bisa segera mengatasinya dengan tepat.

Hilangkan stress
Jika kita mengalami stress, segeralah mencari solusi untuk mengatasi stress tersebut layaknya dengan melakukan yoga, latihan pernafasan, olahraga di alam terbuka hijau, atau refreshing ke tempat yang menyenangkan.

Memperbaiki pola tidur
Jika kita tidak menjaga pola tidur dengan baik, resiko untuk terkena mimpi buruk juga meningkat. Karena alasan inilah perbaiki pola tidur kita dengan cara mulai tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Selain itu, siapkan tempat tidur yang nyaman, sejuk, dan bebas dari gangguan agar tidur bisa menjadi semakin berkualitas.

Kurangi pengaruh gadget
Cahaya biru dari gadget yang kita pakai layaknya ponsel bisa menurunkan kualitas tidur. Matikan ponsel di malam hari dan pastikan untuk tidak lagi memakai gadget setidaknya 1 jam sebelum kita tidur malam.

Bicarakan tentang mimpi tersebut
Mimpi buruk biasanya akan bisa dihilangkan bayang-bayangnya jika kita membicarakan hal ini dengan orang lain. Jika perlu, kita juga bisa menerapkan mitos membalik bantal yang bisa menghilangkan mimpi buruk karena bisa membuat kita bersugesti lebih positif. Kita pun akan merasa lebih nyaman sehingga akan tidur dengan jauh lebih nyenyak.