Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia

DokterSehat.Com– Tak hanya di sekolah-sekolah, cukup banyak instansi dan berbagai perusahaan lainnya mengadakan upacara 17-an yang wajib untuk diikuti oleh para anggotanya. Sayangnya, banyak orang yang cenderung enggan untuk melakukannya karena khawatir jika berdiri dalam waktu yang lama di bawah teriknya sinar matahari akan membuat mereka lemas, kepanasan, atau bahkan jatuh pingsan.



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa rasa lemas yang datang saat upacara ini disebabkan oleh masalah dehidrasi. Teriknya sinar matahari ternyata akan membuat tubuh mengeluarkan keringat dan elektrolit lebih banyak dari biasanya. Kita pun akan segera merasakan gejala seperti kepala pusing, badan lemas, hingga mual dan muntah. Jika hal ini diteruskan, kita pun bisa jatuh pingsan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tidak mudah lemas saat upacara Hari Kemerdekaan Indonesia.

Beristirahat yang cukup malam harinya
Sayangnya, cukup banyak orang yang melakukan tirakatan atau berbagai perlombaan di malam sebelum perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia hingga larut malam yang membuat mereka kurang tidur. Jika hal ini terjadi, maka tubuh akan cenderung kurang fit dan mudah lemas. Dengan beristirahat dengan cukup, fungsi tubuh akan berjalan dengan semestinya dan kita pun akan kuat melakukan upacara.

Banyak minum
Pastikan untuk minum beberapa gelas air sebelum melakukan upacara bendera. Hal ini penting untuk dilakukan agar kebutuhan cairan dan elektrolit pada tubuh bisa terpenuhi dan kita pun tidak mudah terkena dehidrasi.

Tidak mengkonsumsi minuman berkafein
Meskipun mata kita mengantuk di pagi hari, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi kopi, teh, atau minuman berkafein lainnya. Minuman ini bisa membuat kita lebih sering buang air kecil dan kehilangan banyak cairan tubuh. Tak hanya itu, minuman berkafein juga bisa memicu maag yang tentu akan membuat perut tidak nyaman.

Baca Juga:  Kepala Pusing Saat Bangun Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat
Gunakan pakaian yang memiliki sirkulasi udara yang baik serta mampu menyerap keringat. Hal ini akan membuat kita tidak mengeluarkan keringat dengan berlebihan sehingga tidak mudah terkena dehidrasi.